×

Cara Setting Sound Effect untuk Vokal Microphone Karaoke System

Cara Setting Sound System Khusus Sound FX Bagian I


Cara Setting Sound Effect untuk Vokal Microphone Karaoke System - Saat bernyanyi Karaoke mungkin ada sesuatu yang kurang apabila suara microphone tidak ada suara efek gema berupa Reverb. Kadang penyanyi merasa kurang puas dalam bernyanyi apabila tidak ada suara FX pada Microphone vokalnya. Komponen untuk membangkitkan simulasi suara echo dalam teknik audio system disebut Sound FX. Sound FX ini adalah kumpulan piranti elektronik yang mengolah simulasi audio menjadi bergema. Lalu bagaimana cara setting sound system khusus echo ini.

Kita juga dapat menjumpai Echo ini pada panel DVD Player digital untuk kita berkaraoke dengan mengaturnya di remote DVD tersebut. Pada mixer audio juga terkadang sudah dilengkapi dengan fasilitas Echo internal. Pada Speaker System aktif tertentu juga sudah terdapat fasilitas Echo, kita hanya mengatur level echo untuk menaikkan suara gemanya.

Cara-Setting-Sound-Effect-Vokal-Microphone-System

Pengenalan Perangkat Sound FX pada Sound System

Proses kerja perangkat Sound FX ini diproduksi oleh sirkuit Elektronik Digital berupa Processor Multi-FX Audio 24 bit dengan sistim digital audio yang mengalami perkembangan. Seperti yang saya terangkan di atas bahwa Mixer audio juga sudah terdapat fasilitas Processor Sound FX digital ini.

Ada berbagai macam suara gema yang bisa dihasilkan oleh processor FX ini. Peruntukan variasi bunyinya pun beragam yang bisa disesuaikan dengan keperluan, diantaranya;

1. Sound FX untuk Vokal Microphone

Efek suara gema yang sering digunakan dalam Microphone vokal misalnya Delay, Echo, Reverv, Hall, Room, Embience dan lainnya.

2. Sound FX untuk Instrument Musik

Lead Guitar biasanya menggunakan Sound FX untuk membuat suara khusus harmonis suara gitarnya. Efek suara yang selalu kerap mereka gunakan adalah Distortion, Flanger,Chorus, Metal, Delay, Over Drive, dan lain-lain.

Internal Sound FX pada Mixer Console

Tak semua Console dilengkapi dengan Processor Audio FX. Lalu bagaimana kalau anda memiliki mixer dan anda ingin mengeluarkan suara echo ini. Pada sebagian Mixer Console tertentu kadang ada pengolah audio effect ini, tapi sebatas pada channel tertentu serta tidak semuanya memiliki processor FX. Di sana terdapat daftar simulasi audio yang dapat anda pilih. Proses kerja sistim simulasi FX ini merubah 24 bit Analog audio menjadi Digital kemudian merubahnya ulang menjadi Analog, kita sebut 24 bit A/D dan DA Converter.

Cara Setting Sound FX System pada Mixer Audio

Sirkuit sound FX Processor yang terdapat di dalam Mixer audio ini akan bekerja apabila anda membuka Level yang bertuliskan FX (tombol warna Orange) pada bagian Channel Mixer, kemudian membuka juga Level yang terdapat pengatur Level FX di bagian Master yang juga berwarna orange untuk tombolnya (lihat arah panah). Seberapa besar anda membuka volume level untuk sinyal FX ini terserah anda, yang penting tidak terlalu menutupi suara real dari Microphone. Kedua tombol Level FX Send berwarna orange ini bertugas untuk mengirimkan sinyal ke blok sirkuit FX Processor. Di bagian Processor ini juga terdapat tombol Level FX SEND, atur saja pada posisi tengah (0 dB). Untuk mengatur balancing terhadap kadar gema Reverb hasil processing dengan vokal asli anda tinggal mengatur level volume geser di dekat tombol Volume yang juga berwarnna orange.

Lihat Gambar berikut ini;
Cara-Setting-Sound-FX-System-Mixer-Audio

Angka 15 numerik merupakan pilihan untuk jenis suara sound FX. Pada jenis 24 BIT Multi FX Processor ini terdapat menu Reverb yang dapat anda pilih dari urutan angka 01 hingga 05, kemudian Embience Delay dengan pilihan 06 hingga 09, dan seterusnya.

Perlu menjadi perhatian bahwa tak selamanya warna tombol FX Send ini berwarna Orange. Ini hanyalah salah satu produk dari Mixer Behringer, beda dengan tombol FX send yang ada di mixer Yamaha dan lainnya. Patokannya adalah membaca teks yang terdapat di tombol tersebut.

Baca juga : Cara Berurutan Menghidupkan Power ON Sound System Otomatis

Cara Setting Sound FX External

Bagaimana cara setting dan mengkoneksikan Sound FX ini?
Baca kelanjutannya tentang cara setting Sound FX Eksternal [Bagian II]

Untuk bagian High End Speaker system maka kita bisa menggunakan speaker aktif dengan kualitas bunyi yang terbaik. Alat musik seperti Biola bisa juga dimasukkan suara reverb di Mixer, coba lihat juga bagiamana cara setting suara biola pada sound system.
https://peralatan-sound-systems.blogspot.com/2016/10/cara-recording-sound-system-aplikasi.html

Lihat juga

Semoga bermanfaat. Terimakasih partisipasi anda dalam membaca tulisan ini..