×

Cara Recording Sound System - Aplikasi Program Komputer

Cara Merekam Kegiatan Sound System Menggunakan Program Komputer

Cara Recording menggunakan Aplikasi Komputer. Mungkin anda ingin merekam kegiatan acara dari proses cara setting sound system yang anda pasang dengan menggunakan komputer atau Laptop. Acara yang akan anda rekam mungkin dalam rangka pensetingan sound system lapangan secara live musik atau ceramah. Sebelum kita dapat menerapkan fungsi recording ini pada komputer maka diperlukan sebuah aplikasi software untuk rekaman di komputer. Apa saja program yang bisa dipergunakan untuk melakukan proses rekaman ini? Ada banyak program yang bisa dipergunakan untuk recording. Aplikasi software audio recording bisa berupa Adobe Audition, Stainberg Cubase, FL Studio Frutty Edition version 10, Cakewalk Sonar X3 Producer, Ableton Live, Sony sound Forge Pro 10 dan lainnya. Karena saya sering menggunakan Adobe Audition maka saya akan memberitahu anda tentang cara melakukan recording dengan program ini dan bagaimana cara setting mixer sound system. Untuk program software Aplikasi Rekaman ini silakan anda cari dan download di Google.

Cara-Recording-Sound-System-program-aplikasi

Cara Setting Rekaman di Komputer atau Laptop

Setelah program telah anda install di komputer atau Notebook, maka anda harus mengetahuu menu-menu yang ada di aplikasi tersebut. Pelajari cara memainkan dan membuka program ini. Biasanya saat instalasi awal terdapat Demo musik yang menarik.

Untuk cara instalasi recording dari perangkat sound system ke Laptop perlu adanya kabel antara out di Mixer Audio dengan Input di Laptop. Di sini saya akan memandu anda bagimana cara instalasi pengkabelan, sumber input dan cara menjalankan aplikasi rekaman dengan program Audition ini.

Cara Mengkoneksikan Kabel untuk Recording

Cara menghubungkan Kabel untuk Recording nampak seperti pada gambar ini. Bila anda menghubungkan Kabel seperti di bawah ini maka jack ke Laptop menggunakan Phone 3 mm, dan ke Mixer menggunakan RCA untuk ditancapkan ke REC Out di Mixer. Anda bisa menggunakan Jack Kombinasi.

Gambar 1
Kabel ke Laptop
Cara-Setting-Sound-System-Recording

Gambar 2
Kabel ke Mixer Sound System

Cara-Setting-Mixer-Sound-System-Recording

Sumber suara untuk ke Laptop bisa kita hubungkan melalui Jack REC OUT di Mixer. Bisa juga menggunakan Jack AUX namun seluruh tombol AUX di mixer dalam keadaan terbuka, sekitar 70 persen atau arah jam satu. Masuk ke Speaker Master Volume di Komputer, disitu terdapat tanda icon speaker dan akan muncul menu ini.

Gambar 3
Pengaturan internal Audio Input Setting di komputer

Cara-Setting-Sound-System-Audio-Recording

Gambar 4
Masuk ke Aplikasi Recording maka akan muncul gambar sperti ini. Lakukan pilihan pemilhan Waveform dengan pilihan Stereo atau bisa juga Mono. Bila menggunakan Mono maka hasil dari kapasitas Byte Mp3 akan rendah, namun terserah anda. Resolusi waveform pilih 16 bit saja.

Cara-Setting-Recording-Audio

Langkah selanjutnya akan terlihat sinus gelombang input pada aplikasi yang berjalan di Laptop mengikuti suara yang datang dari sound system anda.

Aplikasi-Program-Komputer-Recording

Untuk mendapatkan suara yang bagus maka grafik sinus hasil sinyal suara saat merekam janganlah terlalu besar hingga melampaui Peak 0 dB, usahakan di bawah angka tersebut. untuk menurunkan level dapat diatur dengan membuka icon speaker di komputer dan kecilkan volume Line Input di menu tersebut.

Baca artikel tentang
Lihat juga bagaimana cara setting video conference memakai mixer audio

Semoga bermafaat setelah membaca rubrik tentangcara setting sound system ini.
Terimakasih atas kunjungannya, Namtikan kunjungan berikutnya.