Menginstalasi Peralatan Sound System Indoor


Cara Setting Sound System - Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam instalasi sound system indoor. Sebelum melakukan instalasi sound system di dalam sebuah ruangan atau gedung maka perlu persiapan khusus berdasarkan perhitungan akustik dapat anda simak pada uraian di bawah.
Hal tehnis yang perlu diperhatikan tersebut antara lain meliputi;

  • Mengecek akustik ruang
  • Persiapan menentukan tata letak Speaker
  • Persiapan dan instalasi perangkat Audio yang digunakan

Urutan/ Tahap Setting Sound System dalam Ruangan

Berikut ini langkah-langkah yang dapat kita atur dalam penanganan dan instalasi sound system.

1. Mengecek Akustik Ruang untuk Speaker System

Jika sebuah sound system akan diinstal dalam suatu ruangan, maka perlu menjadi petimbangan bagi kta adalah melihat kondisi ruangan (akustik ruang). Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat penyerapan suara dalam ruangan tersebut. Saat melakukan pantauan ini maka kita dapat mengetahui apakah ada pantulan atau gema apabila akan dipasang perangkat audio nantinya. Ada metode yang bisa kita lakukan diantaranya adalah dengan cara bersorak di dalam ruangan tersebut atau bisa juga dengan cara bertepuk tangan. Saat kita melakukan hal ini sambil memperkirakan berapa detik hasil pantulan suara yang terjadi an bera detik suara pantulan tersebut lenyap secara sempurna.

Di dalam sebuah gedung yang nantinya akan dipakai untuk pidato (dari seorang penceramah misalnya), dapat diperkirakan suara akan baik bila waktu pantulan gema berkisar antarai 0.5 hingga 1 detik. Apabila timing pantulan lebih dari 4-6 detik, maka kita memerlukan beberapa peralatan sound system tambahan (dari segi tehnis) dalam mengatasi hal tersebut, misalkan mengurangi efek pantulan dengan meredam beberapa tone frekuensi di EQ. Alternatif lainnya adalah dengan memasang bahan seperti karpet, papan (lemari), kursi dan meja di sekitar ruangan, namun hal ini diluar kewenangan kita sebagai pemilik rental sound karena gedung tersebut bukan tanggungjawab kita. Namun ada baiknya kita melapisi dengan bahan-bahan peredam gema tesebut bila itu semua adalah aset kita. Jadi kita hanya melakukan dari segi tehnis dari peralatan audio yang kita punya.

2. Persiapan Menentukan Tata Letak Speaker Audio System

Ada perbedaan antara menentukan tata letak speaker system di dalam gedung dengan tata letak speaker di posisi lapangan terbuka (tanpa ada gedung bertingkat yang terdekat dengan area tersebut). Kita tahu bahwa tata letak sound system di dalam ruang bersifat permanen, sedangkan di lapangan penginstalasiannya bersifat berubah-ubah dengan akustik ruang yang bebas dalam pengaturannya. Oleh sebab itu saat akan melakukan penempatan atau pemposisian tata letak perangkat speaker dapat mendapatkan hasil yang sempurna dan artikulasi suara dari penceramah (pidato) bisa terdengar jelas. Maka perlu penyesuaian kondisi ruang yang ada dan juga disesuaikan dengan kebutuhan perangkat yang kita miliki.

Menginstalasi Peralatan Sound System Indoor - FOH

Tata Letak Sound System dengan Controling FOH Operator

Tata letak dalam penempatan sound dengan metode kontrol yang dilakukan oleh Operator FOH akan lebih memudahkan dalam memperoleh detail dan fokusnya audio.Ini berarti bahwa Operator bisa melihat dan mendengarkan suara speaker yang ada di depannya. Metode FOH ini tidak musti diterapkan untuk sound system lapangan saja, namun sangat baik bila tata letak sound system ini dterapkan juga di dalam gedung tertutup. Kelihatannya, Mr. Operator merangkap penonton atau audien juga.

Penempatan semua peralatan audio (terkecuali Power Amplifier dan semua Loudspeaker) seperti Console, Equalizer, Sound FX, Audio Distributor atau Loudspeaker Managemen System ditempatkan di depan area panggung (Operator FOH). Kondisi ini untuk memudahkan tugas dalam pengaturan audio oleh teknisi sound system.

3. Persiapan dan Instalasi Perangkat Audio System yang Digunakan

Setelah proses akustik ruang telah anda pelajari maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses instalasi perangkat sound system anda. Sebelumnya anda telah mengetahui untuk keperluan acara apa sound system yang anda instal tersebut, untuk konser musik atau sekedar pidato saja. Persiapan ini diperlukan sehingga saat mengeluarkan peralatan dari gudang anda dapat disesuaikan dengan kebutuhan acara tersebut.
Uraian persiapan perangkat yang digunakan yang dapat dilakukan meliputi seleksi pada pemilihan Microphone, karakteristik pola sinyal microphone (Mic wireless atau Mic kabel) yang sesuai dengan kondisi tersebut.
Persiapan dan Instalasi Perangkat Audio System yang Digunakan

Catatan:
Bila anda ingin melihat panduan setting sound lapangan silakan lihat artikel yang ada di situ.
Baca juga artikel tentang :
Mungkin anda ingin mengetahui harga speaker aktif segala merek di sini.
Penutup
Demikian yang dapat saya sampaikan dalam halaman berjudul Instalasi Sound System indoor ini, semoga dapat menambah wawasan kita semua dalam proses pengenalan dan instalasi peralatan sound.
Terimakasih atas kunjungan anda.


Share this :

Artikel Terkait: