×

Seting Mic Eksternal Video Konferen Memakai Mixer Sound System

Cara Setting Mic Video Conference memakai mixer. Saat ini orang telah banyak memanfaatkan telekomunikasi audio video jarak jauh memakai internet dengan menggunakan aplikasi program komputer atau ponsel dalam bentuk video konferen yang bisa menggabungkan beberapa user peserta konferen dalam waktu yang bersamaan. Aplikasi yang sudah kita instal ini bisa langsung diterapkan dengan simpel dengan menggunakan Android karena pada ponsel ini sudah terdapat Camera dan penerima suara. Kita hanya perlu mengaktifkan beberapa komponen audio video pada menu yang tampil pada Android anda.

Seting Mic untuk Video Konferen dengan Mixer Sound System

Cara Setting Mic, Camera, Mixer Audio untuk Video Teleconference


Pada kesempatan ini saya mencoba untuk berbagi pengalaman dalam hal menseting fasilitas konforen ini, baik menggunakan Android atau Desktop atau Laptop. Proses setting audio video conference ini saya bagi dalam beberapa kriteria, mulai dari yang paling sederhana hingga profesional, tergantung pada alat yang akan kita pergunakan. Dalam kondisi yang profesional mungkin saja kita memakai peralatan sound system lengkap antara lain mic eksternal maupun mixer audio dan loudspeaker aktif. Dalam memonitor suara participans dalam dialog pada video konferen tersebut kita perlu untuk memakai speaker video conference berupa speaker aktif. Sementara Fasilitas visual eksternal, kita bisa menggunakan Televisi LED atau Projector. Anda dapat juga memakai speaker yang terdapat pada TV LED anda sebagai speaker meeting.

1. Cara Setting Video Conference Cukup Simple Menggunakan Ponsel


Untuk kondisi yang paling sederhana dalam melakukan video konferen ini adalah dengan menggunakan Android kita. Tentu saja anda butuh internet yang memadai sebagai jalur keneksi antara kita dan lawan bicara dalam video meeting tersebut. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah men-download dan menginstasi program aplikasi untuk keperluan konferen, misalnya Zoom Meeting. Setelah proses instalasi selesai anda dapat melakukan temu bicara dengan teman anda dengan memberikan meeting Id dan Password-nya. aktifkan beberapa display menu seperti fasilitas mic ON dan video ON yang diperlukan saat anda loading awal agar suara mic dan video anda dapat terkirim kepada teman anda. Disini anda dapat juga menggunakan Headset sebagai fasilitas dengar dan bicara. Biasana headset untuk zoom meeting sudah terdapat mic dan speaker monitor ukuran kecil ang cukup anda dengar sendiri.

2. Cara Instalasi Video Conference Cukup Simple Menggunakan Laptop


Kriteria kedua dalam pembahasan ini adalah menginstalasi vidcon dengan cara yang sederhana dengan memakai Desktop, yakni Laptop atau Komputer. Proses instalasinya mirip dengan cara diatas. Pada Laptop biasanya sudah disediakan fasilitas Microphone dan Camera internal sehingga anda dapat langsung menggunakan untuk berbicara dan melihat display di layar serta mendengar suara teman anda dalam sebuah konferen tanpa memerlukan peralatan ekternal tambahan. Untuk koneksi internetnya anda dapat menggunakan Modem USB, Wifi atau LAN.

3. Cara Menginstalasi Video Conference pada Laptop Menggunakan Mic dan Camera Eksternal


Bila anda ingin menggunakan peralatan tambahan berupa Microphone eksternal untuk Vidcon ini maka anda perlu mengetahui beberapa aspek yang perlu dilakukan. Pada Desktop versi terbaru saat ini hanya terdapat satu Jack saja. Jack berukuran 3.5 mm ini adalah perpaduan dua perangkat sekaligus yaitu Headphone dan Mic dalam satu lubang. Beda dengan Laptop terdahulu yang dilengkapi dengan dua atau tiga Jack terpisah. Satu lubang Jack untuk Headphone dan satu lagi untuk konektor Mic dan mungkin juga Jack Line In. Proses pengkoneksiaan audio pada laptop terdahulu lebih mudah bila dibandingkan dengan laptop zaman sekarang.

Pengkoneksian Audio Menggunakan Jack Y-SPLITTER

Bila anda menggunakan Desktop versi terbaru yang hanya terdapat satu jack ini maka anda perlu menggunakan Jack Y-Splitter. Jack ini seperti hurup Y yang akan mencabangkan dua jalur audio berupa arah posisi Mic dan arah posisi Jack Headphone. Di sana terdapat lambang gambar Headphone dan Mic sebagai panduan untuk menancapkan Mic dan Headphone anda. Bila anda memiliki Headphone atau Headset yang dilengkapi dengan Mic maka tak perlu menggunakan Jack Splitter ini. Khusus untuk Microphone dapat anda gunakan Mic kabel atau wireless yang terdiri dari dua buah Mic namun dalam kondisi pemakaian Mic Wireless ini anda harus tetap menggunakan Jack Y-splitter. Versi setting lainnya adalah kita dapat menggunakan Headphone (plus mic) Bluetooth bila fasilitasnya tersedia.

Pengkoneksian Menggunakan USB Virtual Audio Adapter

Metode lainnya adalah dengan menggunakan USB Virtual Sound Adapter 7.1 Channel. Pada peralatan Sound Adapter ini terdapat dua Jack output dan input berupa Jack Headphone dan jack input Mic. Dalam proses pemasangannya tinggal anda hubungkan ke USB pada komputer atau Laptop anda. Selanjutnya terdapat dua lubang jack lainnya, Anda tinggal mencocokkan arah lubang dengan melihat lambang gambar berupa gambar Headset dan gambar Mic. Khusus untuk lubang Jack bergambar Headset bisa anda hubungkan ke Mixer audio dan juga ke Speaker aktif atau ke Headphone langsung.

Pengkoneksian Web Camera

Pengkoneksian Webcam eksternal dapat anda lakukan dengan cara menancapkan jack USB dari Camera ke laptop. Pilih item menu yakni menyorot Camera USB pada aplikasi vidcon yang tampil di layar

4. Cara Setup Audio Vidcon pada Laptop menggunakan Mixer Audio dan beberapa Mic


Berikut ini adalah setup secara profesional pada peralatan konferen apabila anda menggunakan banyak Microphone. Bila menggunakan banyak mic maka kita perlu mencampurkannya dengan menggunkan Mixer Audio. Mixer audio yang profesional harus dilengkapi dengan minimal 2 AUX sender. Aux sender ini berguna untuk mengirimkan sinyal audio ke Laptop melalui USB Virtual Audio. Output MAIN Master pada Mixer dapat langsung anda hubungkan ke Speaker Aktif untuk memonitor atau mendegarkan suara lawan bicara anda atau suara anda sendiri pada suatu konferen.

Cara menghubungkan Jack-jack Audio dari Sound System ke Laptop

Setelah peralatan sound system tadi dan program aplikasi meeting serta internet telah anda siapkan, maka langkah selanjutnya adalah menghubungkan beberapa konektor ke masing-masing perangkat. Peralatan lain atau perlengkapan zoom meeting yang anda butuhkan adalah Jack RCA dan beberapa Jack kombinasi dari RCA ke Phone.

Langkah-langkah pemasangan teleconference hardware menggunakan USB Virtual audio adalah sebagai berikut:

  • Pada posisi Mixer, tancapkan Jack RCA pada lubang jack audio bergambar tanda MIC pada USB Virtual Audio dan ujung kabel lainnya ke AUX Sender Mixer (misalkan ke AUX 1). Boleh juga menggunakan AUX 2 atau AUX 3 lainnya bila tersedia. Ujung dari Jack ini berbentuk RCA dengan warna merah dan putih (atau warna lain). Gunakan Jack kombinasi untuk merubah dari RCA ke Phone. Tancapkan jack RCA yang telah memakai kombinasi ini pada lubang Jack Aux 1 pada Mixer. Gunakan salah satu warna saja, misalkan warna merah dan jack warna putih dibiarkan saja. Jack putih yang menganggur ini bisa juga kita tancapkan pada posisi Aux 2. Posisi pemasangan Jack ini kita namai Input Sending Online ke komputer, sinyal suara mic kita akan terkirim melalui proses sambungan ini. [Simak langkah selanjutnya untuk pengetriman tombol-tombol audio pada Mixer]
  • Langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan Jack Output Receive Online. Pada langkah ini kita menancapkan Jack Phone ukuran 3.5 mm ke lubang jack yang bergambar tanda Headset. Ujung Jack ini akan berbentuk Jack RCA. Hubungkan ujung jack ini ke channel stereo mixer, misalkan channel 9/10 atau 11/12. Bila tak anda temui Jack input berbentuk RCA di Mixer, maka anda harus merubahnya dengan Jack kombinasi Phone. Khusus pada channel mixer ini jangan anda buka tombol volume AUX. Metode lainnya untuk kondisi ini adalah menyambungkan output Jack RCA dari USB Virtual ke speaker aktif, jadi tanpa perlu menghubungkannya ke Mixer sound system.
  • Langkah selanjutnya adalah menghubungkan Virtual Audio 7.1 CH ini ke USB Laptop.
  • Selesai untuk tahap ini.

Pengaturan tombol-tombol Mixer

Langkah selanjutnya adalah pengetriman tombol-tombol sinyal audio dengan uraian sebagai berikut
  • Persiapkan Mic yang dapat anda tancapkan pada channel 1 dan seterusnya (bila menggunakan lebih dari dua mic). Mungkin anda telah paham menyetel Mixer audio untuk menyuarakan Mic sehingga terdengar ke speaker. Atur Gain sensitif dan volume Level channel dan Level Volume master yang keluarannya akan menuju ke speaker. Bila telah berbunyi maka sound system anda telah bekerja. Kondisi ini kita namai posisi Offline.
  • Aktifkan aplikasi meeting konferen anda dan lakukan login. Semua Device yang hadir dalam MENU program harus dalam keadaan ON. Mic jangan dalam posisi Off atau Mute.
  • Pada posisi Mixer channel 1 yang telah terpasang Microphone tadi, carilah tombol AUX 1 dan buka level-nya pada posisi tengah saja. Dalam proses ini sinyal suara mic anda akan terkirim ke input Laptop anda dan selanjutnya menjadi sinyal Online. Lihat apakah sinyal display khusus mic ini bermain di tampilan menu aplikasi anda..
  • Untuk posisi Channel STEREO (sebagai Receive sinyal) pada Mixer yang berasal dari Virtual audio dengan lambang tanda Headset tadi dapat kita fungsikan untuk memonitor suara yang kita terima, atur tombol levelnya sesuai kapasitas suara yang anda inginkan.
  • Untuk sekedar check sound, anda dapat melakukan dua login yang bersamaan dengan mengaktifkan aplikasi meeting ini pada Android anda, namun harus menggunakan Headset agar terhindar dari Looping signal atau feedback atau mengecilkan volume suara ponsel anda. Bicaralah di depan mic dan dengarkan suaranya pada Ponsel anda. Bila terasa kurang bagus untuk suaranya maka aturlah level tombol AUX pada mixer anda.

Catatan.

Khusus untuk Microphone meeting, anda dapat pula menggunakan Mic Clip On atau mic table.

Pada mixer profesional dilengkapi juga dengan AUX Master. Nyalakan tombolnya dalam posisi di tengah.
Khusus untuk visual atau video anda dapat menggunakan TV LED atau Projector yang dapat anda hubungkan melalui port HDMI.

Simak juga artikel saya yang lain misalnya cara setting Crossover dan lainnya.

Demikian uraian cara pensetingan audio video Conference menggunakan banyak Mic dan Mixer Sound System yang dapat saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat.