×

Bagaimana Cara Merubah Frekuensi Microphone Wireless

Ada pertanyaan yang masuk ke email saya tentang bagaimana cara mengubah frekuensi channel Mic Wireless. Terkadang kita menggunakan Microphone Wireless yang frekuensinya berdekatan dengan frekuensi Mic yang lain. Pernah saya dapati pada dua acara berdekatan terdapat kesamaan frekuensi Mic yang kami miliki dengan Mic yang dimiliki oleh rental sound yang lain. Saat itu suara mereka masuk ke sound system kami. inilah yang dinamakan bentrok frekuensi atau dubling. Mic yang kami pakai pada sound system kami adalah merek Shure dengan dua Mic (2 transmitter) dan satu box Receiver. Biasanya pada receiver terdapat lampu indicator pada masing-masing saluran. Kalau Mic dalam kondisi ON maka lampu Indicator pada Receiver akan menyala pada saluran atau channel yang dituju. Angap saja lampu indicator ini kita beri nama RX1 Indicator sinyal dan RX2 Indicator sinyal aktif atau siap digunakan (bila Mic kita nyalakan). Kabetulan saat itu pada RX1 disusupi (frekuensi sama) oleh Mic sound system tetangga sebelah dan suara mereka masuk ke sound system yang kita miliki. Terpaksa saat itu saya non-aktifkan atau mematikan saluran channel yang terhubung dengan Out RX1 di Box Receiver yang kami miliki menuju jumper ke Mixer. Saya belum bisa melakukan setup ulang atau merubah frekuensi Reciever yang kami miliki karena acara telah berlangsung saat itu, setelah acara selesai maka kemudian saya merubah frekuensi Mic wireless yang sama dengan frekuensi orang lain. Namun tak semua Mic wireless bisa diubah frekuensinya karena sudah di-fix oleh pabrik, hanya pada Merek dan Model tertentu yang bisa diubah channel dan juga frekuensinya. Mic wireless yang bisa diubah channel frekuensinya adalah yang menggunakan Local Oscilator PLL dengan Infra Red Synchronize.

Frekuensi Microphone Wireless Shure

Pada dasarnya Microphone berfungsi untuk menangkap getaran suara dan atau peralatan yang menimbulkan bunyi menjadi getaran listrik. Perluasan pada microphone wireless, dengan cara kerjanya adalah mengubah gelombang suara (seperti di atas) menjadi sinyal audio degan media hantar (transmisi) sinyal udara dengan menggunakan perangkat Radio Transmitter. Di bagian perangkat TX dan RX terdapat sirkuit PLL oscilator untuk menempatkan suatu channel frekuensi UHF yang sudah dikonfigurasi oleh pabrik pembuat.

Ada dua komponen penting yang berperan dalam kinerja Microphone yang terdapat pada sistem Mic Wireless, yaitu;
Cara-Setting-Frekuensi-Microphone-Wireless-Shure
Pada perangkat Wireless Microphone system terdapat satu set perangkat electronic sebagai media penghubung sinyal yang dikirim melalui perangkat transmitter dan bagian penerima (receiver) dengan menggunakan media udara yang biasa disebut dengan Frequency Radio (RF). Frekuensi Radio ini berfungsi sebagai Carrier (pembawa sinyal) audio yang disusupi pada sinyal radio tadi. Band radio ini dengan range frekuensi tertentu untuk mengirim sinyal audio dari transducer microphone. Band frekuensi yang digunakan pada wireless microphone ada yang memakai jalur band UHF (Ultra High Frequency). Band radio ini memiliki keistimewaan tersendiri dan juga ada beberapa hal yang menjadi kekurangannya.

Cara Setup Frekuensi Wireless Microphone

Jika anda menemukan interferensi frekuensi pada Mic Wireless, coba atur Channel pada TX dan RX dengan frekuensi dari group yang berbeda. Untuk cara setup frekuensi Mic Wireless bisa dilakukan dengan cara Scan Frekuensi kemudian Synchronize (Sync). Transmitter berfungsi memancarkan suara melalui perantara frekuensi radio melalui udara. Receiver berfungsi menerima sinyal radio dan mengambil sinyal getaran audio menjadi output sinyal audio yang sesuai. Band Frequency yang dapat digunakan pada wireless microphone system adalah Very High Frequency (VHF) dan Ultra High Frequency (UHF).

Perbesar gambar untuk melihat
Cara-Merubah-Frekuensi-Microphone-Wireless

Kita harus melakukan synchronize antara TR dan RX pada salah satu channel atau frekuensi. Jadi harus sama antara frekuennsi di RX dan TX. Misalnya pada display digital Mic bagian TX menggunakan freq 700 MHz maka pada RX juga harus menggunakan frekuensi 700 MHz juga. Setelah sama baru lakukan Sync dengan menekan tombol Sync pada box RX dengan posis infrared saling berhadapan dengan jarak maximal 70 cm. Setelah terkunci dengan kondisi Lampu indicator sinyal menyala maka mic sudah siap digunakan.

Panduan cara ubah Channel Shure PGX Mic Wireless

Untuk lebih jelas silakan buka atau download Shure PGX Mic Wireless User Guide
Lihat juga cara setting perangkat sound system lainnya

Cara mengetahui apa penyebab suara Microphone tidak terdengar di Speaker.
Ingin tahu harga jual Mic Wireless dan kabel original untuk Sound Karaoke dan Organ Tunggal, coba lihat tautan cetak tebal ini. Mic Shure terdiri dari beragam model, bila anda ingin mengetahui harga jual Mic Shure yang bagus.

baca juga :
Microphone Wireless bagus
microphone wireless untuk drum


Demikian yang dapat saya informasikan tentang Cara Merubah Frekuensi Microphone Wireless merek Shure.

Info harga mik
Khusus harga microphone silakan lihat pada menu utama, disana terdapat beberapa daftar Mic ternama seperti : Shure, Seinheiser, dan mic murah untuk karaoke lainnya.

Semoga bermanfaat