Microphone Wireless yang Bagus Memakai Frekuensi VHF atau UHF


Band Frekuensi UHF pada Wireless Microphone System


Pembahasan tentang penggunaan Band Frekuensi pada Mikrofon tanpa kabel. Peralatan sound system yang sangat berperan adalah Microphone. Mengenai cara kerjanya, Microphone dibagi dalam dua sistem penghubung sinyal audio yaitu media penghubung sinyal audio menggunakan kabel dan media penghubung sinyal audio melalui udara (dengan menggunakan sinyal radio). Kita akan membahas tentang seluk-beluk Microphone yang merupakan bagian dari peralatan sound system ini. Pembahasan ini berkenaan dengan cara kerja peralatan Microphone wireless serta apa saja band frekuensi radio yang dipergunakan.

Wireless Microphone System

Karakteristik dan Jenis-jenis Microphone

Sebelum kita menuju materi pembahasan tentang microphone wireless maka terlebih dahulu kita akan menguraikan tentang jenis dan karakter microphone yang pernah kita lihat.
Jenis-jenis Microphone terdiri dari;
  • Microphone Dinamis merupakan peralatan Microphone yang menggunakan prinsip kerja induksi magnetik berupa kumparan dan magnit
  • Microphone Condenser adalah mikrofon yang menggunakan prinsip kerja kondensator.
  • Microphone Carbon merupakan peralatan Microphone yang menggunakan prinsip kerja resistor yang variatif atau berubah nilai resistansinya saat menrima getaran
Beradasarkan karakteristik pola penerimaan getaran suara pada microphone terdiri dari;
  • Microphone Omnidirectional.
    Omni Directional dapat menangkap suara dari segala arah.
  • Microphone Bidirectional
    Bidirectional dapat menangkap getaran pada arah depan dan belakang dengan sangat sensitif namun tak begitu respon bila suara datangnya dari samping
  • Microphone Unidirectional.
    Unidirectional memiliki kemampuannya menerima suara hanya terfokus pada satu arah

Cara Kerja Microphone Wireless

Pada dasarnya Microphone berfungsi untuk menangkap getaran suara (suara dari mulut) dan atau peralatan yang menimbulkan bunyi menjadi getaran listrik. Perluasan pada microphone wireless, dengan cara kerjanya adalah mengubah gelombang suara (seperti di atas) menjadi sinyal audio degan media hantar (transmisi) sinyal udara dengan menggunakan perangkat radio transmitter.Pada perangkat Wireless Microphone system terdapat satu set perangkat electronic sebagai media perantara/ penghubung sinyal yang dikirim melalui perangkat pengirim (transmitter) dan penerima (receiver) dengan menggunakan media udara yang biasa disebut dengan Frequency Radio (RF). Frekuensi Radio ini berfungsi sebagai Carrier (pembawa sinyal) audio yang disusupi pada sinyal radio tadi. Band radio ini dengan range frekuensi tertentu untuk mengirim sinyal audio dari transducer microphone. Band frekuensi yang digunakan pada wireless microphone ada yang memakai jalur band VHF (Very High Frequency) dan band UHF (Ultra High Frequency). Kedua band radio ini memiliki keistimewaan tersendiri dan juga ada beberapa hal yang menjadi kekurangannya.
Ada tiga komponen penting yang berperan dalam kinerja Microphone nirkabel yang terdapat pada sistem wireless mic yaitu;
  • Sumber input transducer
  • Transmitter
  • Receiver.
Transmitter berfungsi memancarkan suara melalui perantara frekuensi radio melalui udara.
Receiver berfungsi menerima sinyal radio dan mengambil sinyal getaran audio menjadi output sinyal audio yang sesuai.Band Frequency yang dapat digunakan pada wireless microphone system adalah Very High Frequency (VHF) dan Ultra High Frequency (UHF)

1. Range Frequency Band VHF untuk Wireless Microphone

Range frequency radio pada Band VHF(Very High Frequency) dimulai dari skala 30 MHz hingga 300 MHz.
Kelebihan frekuensi VHF ini cukup sempurna untuk jarak yang cukup dekat. Band inii mempunyai propagasi gelombang yang baik di udara seperti gelombang dapat melalui partikel yang bukan dari logam. Adapun yang menjadi kendala pada penggunaan bnad frekuensi ini adalah pengguna cukup banyak. Kondisi ini tentu berakibat terjadinya crowded di udara dan frekuensi ini cukup sensitif dari gangguan sumber lainnya.

2. Range Frequency Band UHF untuk Wireless Microphone

Skala Frequency Band UHF (Ultra High Frequency) mempunyai rentang band mulai dari 300 MHz hingga 3000 MHz. Band frekuensi ini lebih luas dibanding dengan penggunaan band VHF.

Keuntungan dalam menggunakan band frekuensi UHF pada wireless Microphone akan lebih minim dalam terjadi tabrakan dari frequency lain. Sementara itu radiasi sinyal radio yang ada di udara masih terlalu luas dalam pemakaian jalur frekuensi ini. Boleh dibilang orang memakai bnad ini masih terbatas. UHF juga memberikan dinamika range yang lebih besar dibandingkan dengan band VHF. Jadi, penggunaan band frekuensi UHF pada wireless microphone system lebih bagus dibanding dengan frekuensi VHF.

Simak artikel berikut

Info harga Mic
Khusus harga mic silakan lihat pada menu utama. ada beberapa daftar harga untuk mikrofon ternama seperti: Shure, Seinnheiser, Ashley dan sebagainya.

Penutup
Baca juga :

Demikan pembahasan kita tentang Band Frekuensi pada Microphone tanpa kabel ini, semoga dapat menambah wawasan kita bersama tentang pengetahuan pada bidang audio system.
Terimakasih.


Share this :

Artikel Terkait: