Microphone Check dan Test - Feedback Microphone dan Cara Mengatasi


Check Microphone atau cara mengecek suara Mic.
Info tentang cara mensetting Mikrofon pada speaker sound system. Pada kesempatan ini saya akan mengupas tentang apa penyebab terjadi denging/ dengung (feedback/ storing) pada speaker. Feedback pada Microphone yang muncul di Speaker tentu membuat kesal, lalu bagaimana cara menghindarinya dan apa yang harus kita lakukan untuk mensetingnya?
Pada Sound system, feedback terjadi disebabkan oleh jarak Microphone dan speaker berada cukup berdekatan. Bisa juga disebabkan jarak antara Speaker dan Microphone saling berhadapan. Kondisi ini pun terjadi karena sensitivitas gain input yang terlalu besar sehingga input menerima respon sinyal yang cukup kencang.

Feedback Microphone Speaker System

Umpan balik pada speaker juga terjadi karena adanya pantulan pada sudut ruang terhadap posisi speaker dan microphone.

Apa Penyebab Feedback Mikrofon? Check Microphone

Check Microphone - Umpan balik terjadi ketika level pada mikrofon menyebabkan microphone dalam mengambil suara dari speaker dan menghasilkan perputaran, speaker menerima suara ke dalam mikrofon yang pada gilirannya pasokan suara ke elektronik yang balik ke speaker lagi dan lagi pada sound system anda. Lingkaran ini suara menciptakan yang keras, melengking dan menjengkelkan. Umpan balik akan selalu terjadi pada frekuensi tertentu (pitch) tergantung pada frekuensi yang paling menonjol di ruang Anda.

Ciri-ciri Feedback

Umpan balik (feedback) terdiri dari;
  • Low Tone Feedback, Feedback Low ini terjadi suara mendengung di Speaker. Kita dapat mengecilkan Volume tentu akan mengurangi kadar level Audio. Bila ingin mendapatkan suara dari Microphone yang masih cukup terdengar kencang, maka menjauhi Microphone dari posisi Speaker. Kondisi ini juga bisa ditekan dengan cara mengurangi EQ Tone frekuensi Low pada channel Mic di Mixer
  • High Tone Feedback Feedback ini terjadi karena adanya pantulan nada Middle High. Cirinya akan terdengar suara storing mendenging/ melengking di Speaker

Cara Penanggulangan Feedback pada Sound System

Test Microphone - Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa seting akustik ruang Anda telah disetel dengan benar. Ini adalah proses yang dilakukan selama instalasi. Sebuah analisa spektrum digunakan untuk memastikan grafik frekuensi di ruang dengar Anda. Penempatan Graphic Equalizer pada posisi band 15 Hz atau 31 Hz tersebut kemudian disesuaikan dengan hasil yang kita dengar. Ini akan menempatkan semua frekuensi pada tingkat yang sama dan akan membantu Anda mendapatkan kekuatan volume suara yang lumayan kuat sebelum Anda mulai mendapatkan umpan balik. Hal ini juga memberi Anda suara akurat di ruangan Anda.

Penempatan Microphone

Anda masih akan menemukan bahwa setelah proses ini Anda bisa mendapatkan umpan balik jika Anda mengatur Level Mic cukup tinggi. Pekerjaan sebagai teknisi audio berikutnya adalah untuk memastikan bahwa penempatan mikrofon benar, kebanyakan mic dirancang untuk mengambil suara dalam radius 60 derajat. Cobalah untuk tidak mengatur mic menghadap ke speaker, atur mic di belakang speaker. Dengan cara ini speaker tidak memproyeksikan suara mereka ke dalam mikrofon.

Pra pengaturan Mic Level

Menetapkan tingkat Anda dengan benar dan mengetahui apa batas Anda sebelum Anda pergi ke umpan balik penting. Ketika saya menyiapkan mikrofon saya ingin berkendara ke umpan balik. Jangan khawatir saya melakukan ini sebelum layanan ketika tidak ada di dalam ruangan. Ini membuat saya tahu seberapa tinggi itu bisa pergi. Ketika layanan ini berlangsung di semua biaya saya tetap di bawah tingkat ini. Jika seseorang berbicara terlalu rendah, atau terlalu jauh dari mikrofon maka itu adalah kesalahan dari orang yang berbicara bukan dari operator suara. Sistem suara adalah setengah pertempuran dan perlu kita melakukan segala yang kami bisa untuk memiliki pesan mendengar dengan jelas, tapi kemampuan komunikasi yang baik adalah setengah dari pertempuran yang biasanya akan ditinggalkan gambar ketika sesuatu berjalan salah.

Mematikan saluran/ Channel yang tidak digunakan

Kesalahan umum lainnya yang mendorong umpan balik dalam sistem suara Anda meninggalkan mikrofon pada saat tidak ada yang menggunakan mereka. Ini tidak selalu salah untuk melakukan hal ini, tergantung pada situasi, tetapi jika Anda bisa, mengubah mic setiap off sepenuhnya ketika tidak ada yang menggunakan mereka. Berikut skenarionya: Tim ibadah selesai lagu terakhir sebelum pesan. Tiga atau empat mic yang tersisa di di depan dan pendeta bangkit untuk memberikan khotbahnya. Sementara ia berbicara cincin mengganggu dapat sedikit terdengar saat ia mengatakan kata-kata tertentu. Cincin menjengkelkan berarti bahwa Anda hanya di ambang pergi ke semua keluar tanggapan Anda mencoba beralih saluran pada mikrofon ke bawah dan akhirnya menyingkirkan cincin. TAPI!! Anda hanya memotong tingkat ke bawah. Cobalah mematikan mic lain dan saya berani bertaruh Anda tidak perlu menyentuh tingkat nya sama sekali.

Selalu menjaga telinga Anda. Jika Anda mendengar ini, mengecilkan volume perlahan hanya cukup untuk menyingkirkan umpan balik itu. Ini mungkin akan lebih sulit bagi orang-orang di belakang mendengar kata demi kata yang terucap, tetapi tidak ada yang akan mendengarkan kata-kata pula. lingkaran dengar akan mengalihkan perhatian mereka.

Baca juga
Penyebab Suara Mic Tidak Terdengar di Speaker
Menyetel Microphone pada Mixer dan Peralatan Sound System


Penggunaan Feedback Eliminator

Jika Anda menggunakan sistem suara Anda sebagai sistem Turn Key berarti bahwa Anda hanya menyalakannya dan off, dan Anda tidak memiliki operator suara, atau jika Anda ingin mendapatkan mungkin gain tertinggi sebelum terjadi umpan balik, terutama dengan mikrofon kerah (clip on). Peralatan elektronik ini adalah alat untuk mencari dan menghancurkan feedback. Ada banyak yang berbeda tersedia dari produsen seperti Shure, Behringer, Sabine, dan lainnya. Salah satu peralatan ini dengan kinerja yang bagus adalah menggunakan AFS224 dari dbx.

AFS224 Input Eliminator adalah dua channel peredam umpan balik dengan 24 programmable band sempit filter otomatis per channel. Ketika unit ini mendengar terjadinya umpan balik maka secara otomatis menemukan frekuensi umpan balik dan takik itu. Ketika umpan balik terjadi pada frekuensi yang lain, filter kedua dikirim untuk menyelamatkan. Dengan cara ini, ia dapat menemukan dan menghancurkan umpan balik sampai dengan dua belas frekuensi yang berbeda.

Baca juga artikel tentang bagaimana mencari Microphone Wireless yang bagus

Penutup
Semoga artikel ini tentang feedback Microphone pada Speaker System dan cara penanggulangannya dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih.


Share this :

Artikel Terkait: