Microphone Test - Penyebab Suara Mic tidak Terdengar di Speaker


Apakah penyebab suara Microphone tidak terdengar di speaker?

Microphone Check - Rubrik ini akan menjelaskan tentang sebab-sebab suara yang kita ucapkan ke microphone tidak terdengar di speaker system di rumah kita. Mikrofon ini merupakan peralatan sound system yang cukup berperan dalam menghantarkan dan membesarkan suara kita di speaker. Bila tidak terjadinya bunyi di speaker tentu harus kita deteksi apa sebab tidak ada suara ini.
Saya membaginya dalam dua versi yaitu
  • mendeteksi atau mencari sebab kerusakan Microphone kabel biasa
  • mendeteksi kerusakan Microphone Wireless

Mencari Penyebab Kerusakan Microphone Kabel dan Wireless

Pada Microphone terdapat sebuah alat transducer yang bernama spul tembaga yang diberi lapisan email. Kumparan ini dikelilingi oleh magnet yang berfungsi untuk merubah getaran bunyi menjadi getaran listrik kemudian disalurkan ke perangkat input lainnya menuju ke speaker.

1. Penyebab pertama - Spool Transducer Microphone

Kita dapat melakukan deteksi kerusakan spul Microphone ini dengan menggunakan multi-tester dalam posisi 10 OHM. Pasangkan kabel warna merah dan hitam multitester ini kemudian ukur ujung kawat tembaga spul mic ini. Kita dapat melihat apakah jarumnya bergerak atau tidak saat mengukur kerusakan spool mic ini, biasanya akan terdengar suara kresek tipis terdengar di telinga kita.

2. Penyebab Kedua - Kabel Microphone

Mungkin kerusakan ini bukan berasal dari spul Mic namun karena kabel. Kabel penghubung audio sinyal mungkin kerusakannya berupa putus di dalam kabel, atau bisa juga terjadi hubungan singkat/ konslet antara kutub negatif dan positif kabel. Pengecekannya pun bisa dilakukan dengan mengukurnya memakai multitester. Coba chek bagian berserabut kabel dengan bagian positif dengan multitester apakah jarumnya bergerak atau tidak, bila bergerak ini berarti bahwa kabel dalam masalah hubungan singkat. Bila jarum tidak bergerak kita lanjutkan ke pemeriksaan berikutnya yaitu mengukur antara ujung positif dengan ujung positif yang lainnya. Bila kita melihat jarum multimeter tidak bergerak, maka ini berarti bahwa kabel dalam kondisi putus, bila bergerak berarti kondisinya bagus. Cek juga bagian negatifnya.

3. Penyebab Ketiga - Jack atau Connector

Pada sebagian Mic kabel biasanya memakai jack yang sudah dipatrikan dengan kabel oleh pabrik tanpa bisa dibuka atau tanpa sekrup.Andaa bisa memotong kabel menuju Jack dan kemudian menggantinya dengan jack yang lain dan menyoldernya. Kondisi ini bila diyakini kalau memang Jack ini yang rusak.
Suara-Microphone-Speaker

Penyebab Kerusakan Microphone Wireless

Microphone Wireless selalu menggunakan Sinyal Radio suntuk menyalurkan sinyal suara ke perangkat Audio. Mic Wireless ini terdapat dua bagian, yaitu bagian Transmitter dan bagian Receiver.
Dalam microphone Wireless menggunakan saluran radio dengan Band VHF atau juga band UHF sebagai sinyal pembawa untuk audio.Mungkin anda pernah mengalami kendala ini pada Microphone Wireless yang tidak berbunyi di speaker. Kerusakan ini mungkin arena tidak terjadi koneksi frekuensi penghubung antara transmitter dan receiver. Bila sinyal radio sudah terkoneksi biasanya lampu indicator sinyal akan menyala. Bila tidak menyala ini berati kerusannya berasal dari transmiternya yang tidak bekerja normal.
Kita membutuh pengetahuan dan peralatan khusus untuk memperbaiki Microphone Wireless ini. Kita harus mempunyai Frequency Counter dan Oscilloscope untuk mendeteksi bagian Transmitter dan bagian Receiver-nya.
Penyebab lain tidak adanya suara pada Microphone Wireless karena terjadinya interferensi frekuensi atau tidak tepatnya channel antara bagian Transmitter dan Receiver.

Jangan lewatkan bacaan berikut : Menyetel Microphone pada Mixer

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Penyebab Suara Microphone tidak terdengar pada Speaker system. Semoga halaman peralatan dan setting sound system ini banyak memberi manfaat kepada anda.

Info harga Mic

Khusus harga mikrofon silakan lihat pada menu utama. ada beberapa daftar harga untuk mikrofon ternama seperti: Shure, Seinnheiser, Ashley dan sebagainya.

Terimakasih atas kunjungan anda pada situs ini,
Sampai jumpa..


Share this :

Artikel Terkait: