×

Mikrofon Kabel - Apa Beda Gain Suara Koneksi Balance dan Unbalance

Microphone Kabel dengan System Koneksi Balance dan Unbalance


Microphone Kabel - Hallo teman-teman yang berprofesi sebagai pemula pada sound system orgen tunggal atau karaoke. Pada artikel berikut ini saya akan menguraikan segi teoritis tentang perbedaan memakai kabel tunggal (unbalance) dengan memakai kabel ganda (balance) terhadap faktor penguatan suara pada Mikrofon kabel yang kita tancapkan pada Mixer Audio. Tentu karakter gain dan serapan suara (dari mulut kita) yang akan masuk ke spul Mic jauh berbeda pada faktor penguatannya antara kita memakai kabel isi tunggal dengan bila kita memakai kabel isi ganda. Namun kondisi ini hanya berlaku apabila kita memiliki microphone yang pada gagang mic dilengkapi dengan konektor (jack) yang bisa dicabut-pasang, misalnya Mic kabel merk Shure, Sennheiser dan lainnya.
Microphone Kabel Balance dan Unbalance
Mic dengan Jack cabut pasang

Sebagian pabrik sudah menyatukan antara jack kabel dengan mic tanpa memakai jack cabut pasang tersebut. Jack ini biasanya memakai jack TR Phono (MONO), jadi kita tak dapat merubah mic ini menjadi koneksi balance. Perlu menjadi perhatian juga bahwa sistim koneksi Balance ini tak berlaku pada perangkat audo yang tidak melengkapi Jack input untuk mikrofonnya dengan sistim Balance, misal speaker portable yang tidak terdapat Jack XLR dan hanya berupa Jack Phone female.

Maksud Koneksi Kabel Balance dan Unbalance


Kabel tunggal atau unbalance adalah sistim sambungan kabel mic dengan memakai koneksi Jack (baik Phone atau Canon / XLR) dengan hanya memakai satu jalur kabel audio coaxial sebagai fase positif dan shielding (alur pembungkus berserabut) sebagai jalur netral.

Maksud kabel koneksi Balance dan Unbalance

Sedangkan kabel (jack) balance adalah sistem sambungan pada perangkat audio dengan menerapkan 2 phase jalur sinyal audio dalam hal inifase positif, fase negatif dan netral (serat pembungkus berserabut) yang disambungkan pada connector/ jack. Kita tak musti memakai Jack cannon (XLR) utuk sambungan Balance ini, tetapi bisa juga memakai jack Phone Stereo (TRS) asal anda tahu cara menyambung (dengan memakai solder) mana sebagai alur pin (+) dan (-) pada jack tersebut. Pada Jack cannon biasanya bertuliskan 2 sebagai jalur positif, nomor pin 3 sebagai jalur fase negatif dan pembungkus berserabut ke ground atau pin nomor 1.

Baca rubrik berikut
  • Merubah Frekuensi Microphone Wireless
  • Artikel hasil ide saya bertajuk : Mendesain Mic Drum Wireless Mode Converting
Mikrofon untuk drum juga biasanya memakai sistim koneksi Balance, coba anda lihat mic Shure asli untuk drum.Sekarang banyak sekali merk mic kabel yang bagus dan cukup murah harganya, sebagai rekomendasi silakan lihat pada halaman ini.

Di era pandemi ini mungkin anda memerlukan informasi tentang bagaimana menginstalasi aplikasi zoom meeting. Coba anda baca tentang menginstal mic table conference untuk Zoom Meeting.

Untuk sementara demikian yang dapat saya informasikan pada anda.
Terimakasih telah datang ke situs ini yang berisi info tentang teoristis dan harga perangkat sound system.