×

Mic Meeting Table Bisa untuk Teleconference pada Aplikasi Zoom

Microphone Meeting Conference untuk Ruang Rapat

Untuk keperluan ruang rapat perkantoran tentu saja kita membutuhkan keberadaan mic meeting atau mic konferen yang dipasang pada meja rapat untuk tiap personil. Microphone meeting table untuk meeting ini bisa berupa mic kabel atau mic table tanpa kabel, dalam bentuk mic dinamik dan condenser. Bila menggunakan mic kabel tentu membuat ketidak-rapian di dalam ruangan, semrawut. Kini banyak tersedia beragam Microphone table untuk ruang meeting dalam sambungan memakai kabel dan juga dalam bentuk mic wireless dalam paket yang banyak dengan harga yang bervariasi. Mic yang bagus dan mahal tentu akan membuai anda dalam keharmonisan suaranya dan juga terdapat fasilitas unggulan tehnis lainnya.


Microphone Teleconference untuk Zoom Meeting Pakai Laptop

Mic table untuk meeting ini juga bisa anda fungsikan menjadi microphone untuk teleconference untuk komunikasi jarak jauh menggunakan aplikasi Zoom Meeting yang sekarang ini merebak di era pandemi ini. Khusus untuk microphone Zoom Meeting pada aplikasi yang diterapkan pada laptop dan Ponsel sebenarnya bisa menggunakan sembarang mic, apakah itu mic kabel, mic wireless, atau kombinasi gabungan beberapa mic tanpa kabel. Cuma dibutuhkan kepiawaian anda untuk mensetingnya. Anda membuthkan beberapa Jack kombinasi untuk merubah ukuran Jack dari ukuran besar ke kecil. Menu-menu pengaturan setting yang terdapat pada hardware komputer pun harus anda pahami dalam mengatur sumber audio masuk dan juga pengaturan audio lainnya berupa Level dan Gain.


Mic Meeting Table Teleconference Aplikasi Zoom

Modifikasi Mic Konferen Offline menjadi Mic Zoom Meeting

Berdasarkan pengalaman, Penulis pernah mencoba memodifikasi mic table meeting (offline) ini menjadi mic teleconference (online) untuk komunikasi jarak jauh pada aplikasi Zoom Meeting pada komputer PC, Laptop dan juga Handphone. Pengkoneksian model mic ini bisa kita hubungkan ke Mixer audio atau bisa juga langsung ke speaker aktif. Kemudian untuk mengkoneksikan mic tabel ini ke Laptop atau komputer bisa dilakukan dengan cara langsung menghubungkannya ke Jack Line Mic (ukuran 3.5 mm) yang ada di Laptop. Versi lainnya adalah dengan cara mencolokkannya ke port USB yang ada pada Laptop, kita sebut Microphone USB. Microphone untuk saambungan ke Port USB ini harus menggunakan alat tambahan yakni USB Virtual Sound untuk merubah Analog menjadi Digital. Terdapat dua Jack Input/Output pada piranti Virtual USB ini, yakni input untuk mencolok (lalu mengirimkan suara) mic dan jack output untuk kita pasangkan ke speaker meeting yang tersedia di dalam ruangan anda. (Rubrik ini pernah saya bahas di halaman Setting Sound System pada Menu Sound System di atas bertajuk Seting Mic Eksternal Video Konferen Memakai Mixer Sound System.


Zoom Meeting Pakai Headset

Kadang menjadi pertanyaan apakah zoom harus pakai headset? Versi lainnya yang sangat simpel adalah menggunakan mic headset karena pada piranti ini sudah dilengkapi dengan mic condenser kecil dan speaker mungil untuk kita pasangkan ke telinga. Mic condenser di dalam headset ini ukurannya sebesar biji jeruk dengan bentuk pipih. Mic Headset ini tak hanya anda gunakan untuk Ponsel saja namun bisa juga untuk laptop. Namun terkadang merk suatu Headset tak kompatibel dengan kondisi hardware laptop anda. Mereka didesain hanya untuk perangkat dalam produk mereka sendiri. Kadang dibutuhkan standar global untuk penyamaan kondisi ini agar konsumen atau pengguna merasa tak kebingungan.


Instalasi Mic Zoom Pada Ponsel dengan Headset Bluetooth

Tentu kebanyakan dari kita telah paham bagaimana cara menginstalasi dan memakai aplikasi Zoom Meeting ini. Yang paling sederhana dan sering kita gunakan adalah dengan memakai Android yang kita miliki. Hal ini dikarenakan adalah semua fasilitas untuk berkomunikasi dua arah tersebut telah terdapat didalam Ponsel kita, antara lain camera, mic dan speaker internal pada Android kita. Namun khusus untuk bagian penyuaraan (bicara dan mendengarkan), anda bisa menggunakan headset yang sepaket dengan ponsel anda, sementara camera tetap menggunakan yang di ponsel anda.
Anda juga bisa menggunakan mic Bluetooth, namun terdapat dua koneksi device yang harus anda setting sekaligus, yakni koneksi Bluetooth dan koneksi internet anda. Penggunaan mic Bluetooth biasanya akan terjadi delaying video dan suara beberapa detik saja saat anda mendengarkan dan atau bicara, belum lagi delaying dari aplikasi zoom internet yang terlihat dari gerak bibir dan suara yang terdengar.


Microphone Conference USB

Sekarang kita lihat bagaimana proses penginstalasian mic untuk Video Conference USB serta peralatan yang kita butuhkan. Ini merupakan pengalaman saya saat memulai menggunakan aplikasi zoom meeting ini untuk pertama kali. Kendala yang saya dapati saat itu adalah bagaimana cara menghubungkan suara dari Mic menuju ke Laptop via Jack TRS yang kecil ukuran 3.5 mm yang ada di sisi laptop. Terus terang Laptop sekarang tak seperti keluaran lama yang terdiri dari 3 lubang Jack TRS kecil ini yang berdiri masing-masing. Nnamun Laptop model sekarang hanya terdiri dari satu lubang Jack saja, disitu lah untuk colokan mic dan sekaligus disitu juga colokan headphone untuk ke speaker. Terbayang di benak saya untuk menggunakan koneksi audio via USB karena dulu saya pernah melihat teman musisi menggunakan USB Virtual Sound System untuk recording musik MIDI dari orgen ke laptop. Untung ada jualnya di tempat saya, dan kemudian langsung saya coba dan berhasil. Proses pemasangannya sangat mudah, yakni hanya menancapkan USB Vitual audio ini ke Port USB di laptop. Biasanya secara otomatis dia akan menyesuaikan dengan kondisi Hardware dan Software komputer anda dan langsung bisa kita gunakan, ready to use). Lalu masih ada dua jack TRS 3.3 mm lagi yang berlogo tanda Mic dan Headphone. Disini anda tinggal menghubungkan female jack TRS tersebut ke speaker aktif pada logo yang berlambang Headphone, lalu lubang satu lagi dengan logo dengan tanda mic anda masukkan ke kabel mic milik anda. Lubang Mic atau Line in ini bisa anda hubungkan juga ke output Mixer Audio.


Mic buat Video Conference memakai Jack Adapter Y Spliiter

Masih terdapat satu cara lagi yang mungkin bisa anda terapkan adalah dengan menggunakan Kombinasi Jack Y Splitter (mirip huruf Y) yang berfungsi untuk menyesuaikan kondisi input output Jack tunggal (Headset/Mic) yang ada di Laptop lalu mencabangkannya menjadi dua buah jack TRS (Phone) female, yakni sumber Line in (mic) dan juga ke Headphone atau speaker aktif.

Merk-merk Mic Conference Wireless yang Bagus

Sekarang banyak beredar merk mic wireless untuk konferen atau mic table meeting yang bagus dengan varian yang beragam dan dengan jumlah mic (Transmitter, TX) yang banyak dengan satu buah receiver dalam satu paket. Ada yang berisi 4 unit mic meja dengan satu receiver (RX) dan ada juga 8 unit mic table dalam satu RX. Adapun merk yang bagus untuk anda pergunakan di dalam ruang meeting atau untuk keperluan teleconference anda antara lain adalah

  • Mic Conference Shure
  • Mic Conference Krezt
  • Mic Conference TOA
  • Mic Conference Bosch
  • Mic Conference Logitech
  • dan sebagainya

Nampaknya sudah terlalu panjang apa yang saya uraikan ini. Mudahan anda memahami apa yang saya sampaikan.

Baca juga :
Penyebab mic tak terdengar di speaker
Mengatur Gain Level ada mic kabel
Mengecek mic supaya tak berdenging
Harga Mic wireless dan kabel
Kembali ke menu : Microphone Bagus

Pembaca yang budiman, Terimakasih atas kunjungan anda.