×

Memodifikasi Sound System Mobil untuk Rumah

Sound System Mobil - Instalasi di Rumah

Sound system mobil. Bagaimana cara mensetting atau menginstalasi audio system mobil di dalam ruangan rumah? Mungkin ada rasa penasaran anda melihat atau mendengarkan audio pada mobil milik teman anda dan anda ingin meniru fasilitas milik teman anda tersebut pada mobil anda, malahan mungkin bisa dipakai buat Karaokean. Haha, bisa jadi kita belum mampu untuk membeli mobil namun ketertarikan akan hal ini membuat kita ingin berimpropisasi dan bereksprimen dengan audio mobile pada home theater (rumah) anda. Anggaplah pemilihan pada merek atau tipe telah anda setujui namun ada kebingungan untuk menginstalasi atau mengaktifkan peralatan audio ini pada rumah kita. Mau tahu caranya? Rahasianya terletak dimana ya? Mari kita simak pada ulasan di bawah ini.

Peralatan Car Audio yang dibutuhkan untuk Home Theater anda - Penggunaan Power Amplifier

Ada banyak cara untuk melengkapi kebutuhan ini. Peralatan ini terdiri dari
1. Player Audio (Tape/ DVD Player)
2. Power Amplifier System (PA System)
3. Speaker System, terdiri dari Sub Woofer, Midle, dan High
4. Catu Daya Listrik (Power Supply System)
5. Tambahan dan assesoris lainnya
Dari kategori peralatan di atas mari kita bahas di bawah ini

1. Player Audio Source System

Pilihan untuk pemutar musik ini tergantung selera anda. Anda bisa menggantikan posisi DVD (CD) Player Car Mobile dengan perangkat untuk rumahan yang lain, misalkan komputer dan lainnya. Namun bila anda tetap menginginkan menggunakan Player (Tape Player) yang terdapat di dalam mobil maka kondisi ini bisa anda terapkan di rumah anda. Cuma anda harus membuat semacam rack yang mirip dengan kondisi dashboard di dalam mobil agar nampak atau seolah anda berada dalam mobil. Sekali lagi ini tergantung bagaimana anda mendisainnya. Kabel-kabel harus dalam keadaan rapi atau tidak terlihat semrawut. Bagaimana pilihan anda untuk kondisi ini.

2. Power Amplifier System

Mungkin anda sedikit asing dengan penggunaan peralatan ini apakah bisa diterapkan di rumah. Simak pada penomoran 4 di bawah ini. PA system untuk audio mobil memerlukan catu daya dari batere yang terdapat di mobil atau mendapat asupan listrik dari generator listrik pada mobil saat mesin menyala. Pada Power Ampli mobil biasanya memiliki daya output suara yang cukup besar, misalkan 2000W PMPO. Di dalam body PA terdapat beberapa setelan berupa level volume dan beberapa saklar. Untuk distribusi 'output suara' biasanya berupa terminal out untuk speker yang menggunakan baut. Untuk input biasanya menggunakan Jack RCA.

3. Speaker System include Subwoofer

Ada berbagai macam merek yang menawarkan kualitas terbaik bagi speaker audio. Speker ini terdiri dari nada rendah (LOW), nada menengah dan juga Tweeter Horn Speaker. Anda bisa merancangnya stereo menjadi satu box pada tiap kanal, artinya 2 buah box terdiri dari kiri dan kanan. Desainnya tergantung keinginan anda. Di beberapa tempat ada yang menjual box speker dengan berbagai bentuk dan ukuran. Syukur-syukur bila anda bisa membuat sendiri. Speaker untuk Low (sub woffer) bisa menggunakan diameter 12 inchi atau 15 inchi. Ada beberapa distribusi sinyal input untuk speker ini yang berasal dari Power, yaitu
1 Box kanal speker pada bagian (L) menerima asupan suara dari satu power di saluran Out (L) pada Power Ampli, box kanal terdiri dari low, mid dan high
1 box kanal speker bagian (R) terhubung dari power Ampli di Out (R), box kanal terdiri dari low, mid dan high
Ada cara lain dalam menyalurkan output SP pada Power Ampli ke speker yaitu dengan hanya membunyikan wofer saja sementara midle dan tweeter langsung terhubung ke Out SP pada Player Audio (Tape Mobil). dengan kata lain Power Amplifier hanya untuk membunyikan SUB Woffer saja.

4. Catu Daya Listrik untuk Audio Mobil

Inilah yang membuat sistim audio ini berfungsi dalam operasional di rumah anda. Untuk menggerakkan atau menghidupkan Car Audio system di dalam rumah maka memerlukan penurun tegangan listrik rumah anda menjadi tegangan 12 Volt DC. Daya listrik yang dikeluarkan adaptor ini (Power Supplai) harus memiliki kapasitas dengan kisaran 20 - 30 Ampere agar suara kencang terdengar. Adaptor Power Supply ini banyak dijual di pasaran. Hubungkan kutub Positif berwarna merah di power supply ke bagian positif car audio anda, hitam (negatif) ke kabel hitam di peralatan audio anda. Perlu diperhatikan adalah tegangan harus dalam voltase 12 Volt atau 13.8 Volt.

5. Tambahan, bisa include dalam peralatan anda
Untuk aksesoris tambahan audio system mobil ini tergantung selera anda yang terdiri dari
  • EQ (Equalizer)
  • Audio Mixer (bila suka)
  • Microphone
  • Mic kabel atau Mic Wireless
  • dll

Sound System Mobil untuk Rumah

Persiapan dana untuk upgrade perangkat audio mobil untuk rumah ini diperkirakan dengan harga sekitar puluhan juta rupiah.
Untuk memfungsikan peralatan ini maka diperlukan pengetahuan khusus agar bisa diterapkan.

Modifikasi Tape Player Mobil ke rumah

Mungkin anda ingin mencoba subwoofer rumah menjadi sound system mobil. Tape Player mobil ini bisa kita sambungkan dengan Subwooer rumah type PSW 600 ini (dari mobil ke rumah). Namun anda membutuhkan Power Suplai 12 VDC paling tidak 10 Ampere untuk menghidupkan Tape Player ini. Output dengan memakai kabel  RCA bisa langsung ditancap ke subwoofer ini.
Subwoofer PSW ini bisa juga menjadi sound mobil, jadi kebalikannya, dari rumah ke mobil.
Memodifikasi Sound System Mobil untuk Rumah


Simak juga : Sound system mobil bagus

Kesimpulan
Setelah anda membaca artikel ini maka dapat disimpulkan bahwa anda dapat menjadikan "car mobil" menjadi home teater di rumah, namun kita harus mendalami petunjuk penggunaan yang terdapat dalam setiap peralatan elektronik sebelum diaktifkan. Hubungi teman yang lebih memahami cara mengkoneksikan perangkat Audio Mobil ini di daerah anda berada.