×

Speaker Monitor System Panggung Memakai Speaker Aktif

Speaker System - Speaker Monitor merupakan fold-back pengeras suara yang terdiri dari kabinet speaker yang digunakan di atas panggung. Fungsi Speaker Monitor pada sound system panggung adalah sebagai alat untuk memandu penyanyi atau pemain alat musik dalam mendengar suara mereka atau permainan mereka. Biasanya speaker monitor mengarah atau menghadap ke bagian pemain di atas panggung. Sinyal yang masuk umumnya dikirim dari hasil mixing yang berbeda baik itu yang berasal dari vokal atau peralatan instrumen kemudain hasil mixng tadi dikirimkan ke sistem speaker utama. Kabinet Loudspeaker Monitor berbentuk miring mengarahkan sudut output suara ke arah atas pendengaran yang kita set di lantai panggung.

Speaker-aktif-terbaik
Dua jalur yang umum dipakai dengan desain driver ganda yang berisi Cone Speaker dan Horn pada kabinet (kotak speaker). Speaker Monitor perlu lebih kecil untuk menghemat ruang di atas panggung. Speaker ini biasanya membutuhkan daya dan bentuk yang lebih kecil pada sistem Loudspeaker utama. Peralatan ini hanya perlu mengeluarkan suara untuk beberapa orang yang berada pada jarak yang relatif dekat dengan Loudspeaker.

Speaker Monitor System

Beberapa produsen telah merancang pengeras suara untuk digunakan baik sebagai komponen dari sistem PA kecil atau sebagai Loudspeaker monitor yang. Kini sejumlah produsen telah memproduksi aktif speaker monitor powered yang di dalamnya terdapat Amplifier yang terintegrasi dengan harga yang bervariasi, ada yang murah dan ada juga yang mahal.
Active Speaker Monitor
Contoh speaker monitor lantai

Speaker Aktif Terbaik untuk Monitor

Menggunakan speaker aktif untuk monitor panggung yang bukan di monitor telinga biasanya menghasilkan peningkatan volume panggung, yang dapat menyebabkan terjadinya feedback dan kerusakan pendengaran yang progresif untuk para pemain di depan mereka. Kejelasan campuran untuk pemain di atas panggung adalah juga biasanya tidak sejelas mereka mendengar suara lebih asing dari sekitar mereka. Penggunaan pengeras suara Monitor Aktif (dengan amplifier terintegrasi) atau pasif, membutuhkan lebih banyak kabel dan peralatan di atas panggung, sehingga dalam tahap bahkan lebih berantakan. Faktor-faktor ini, antara lain, telah menyebabkan meningkatnya popularitas monitor di telinga.


Demikian yang dapat saya sampaikan pada peralatan speaker system ini. Semoga bermanfaat.
Coba lihat juga panduan harga untuk speaker system area lapangan.

Simak juga artikel berikutnya. Microphone

Terimakasih atas kunjungan anda.