×

Pengertian Speaker System dan Cara Kerja - Macam-macam Speaker

Cara Kerja Speaker System

Speaker System dalam Peralatan Sound system. Saya menghadirkan bacaan untuk anda tentang maksud Loudspeaker dan cara cerjanya. Speaker atau Loudspeaker adalah bagain dari perangkat sound system yang sangat vital karena disinilah hasil olah suara terdengar dengan sempurna. Semua peralatan elektronik yang mengeluarkan bunyi pasti tak lepas dari yang namanya Loudpseaker atau speaker. Peralatan elektronik yang saya maksudkan ini adalah seperti televisi, radio FM, keyboard, Ponsel, Laptop dan lain sebagainya. tentu anda mendengarkan suara yang keluar pada perangkat itu. Fungsi speakar pada peralatan di atas adalah untuk mengeluarkan suara yang dimainkan saat itu.

Pengertian Speaker dan Bagaimana Timbulnya Suara

Disini kita akan mengetahui pengertian speaker dan mengapa bisa menimbulkan suara. Loudspeaker atau Speaker adalah peralatan transduser electromagnetic yang pada proses kerjanya adalah mengubah sinyal listrik yang bervariatif dari sebuah amplifier menjadi sinyal gelombang suara oleh "komponen/ elemen getar" sehingga hasil olahan itu dapat didengar telinga. Dengan bantuan komponen getar berupa coil dan magnit serta daun membran pada perangkat Speaker tersebut sehingga timbul getaran yang mirip dengan sinyal yang datang dari sebelum Amplifier (source).

Elemen pada peralatan Speaker

Speaker terdiri dari beberapa komponen atau elemen getar berupa Voice Coil, Cone, Suspension, Magnet dan Kerangka Body. Untuk merubah energi sinyal listrik menjadi suara pada Speaker, maka perlu adanya elemen Electromagnetic yang terdiri dari Coil (kumparan) yang terbuat dari gulungan kawat tembaga dengan diameter tertentu untuk menggetarkan atau menginduksi medan magnet dan hasil induksi getaran ini diperkuat dengan elemen perantara berupa Cone Speaker (daun membran). Kalau kita menggunakan membran yang lebar maka hasil getarannya pun akan bertambah besar dalam mendapatkan range frekuesni rendah. Suspension berfungsi hanya sebagai pelunak dorongan tenaga agar membran bisa bergetar dengan leluasa.
Elemen pada peralatan Speaker
Akhirnya Speaker bisa mengeluarkan suara yang dihasilkan oleh penguat Amplifier dengan range frekuensi yang telah disalurkan oleh perangkat pemprosesan sinyal audio sebelumnya. Suara dapat didengar oleh telinga mencakup bidang frekuensi dengan range frekuensi antara 20 Hz – 20 KHz.

Macam-macam Speaker dalam Penerapannya

Di sini kita dapat melihat macam-macam speaker.
Berikut ulasan tentang macam-macam Speaker;
  • Sub Woofer menghasilkan suara dengan frekuensi 20 Hz hingga 200 Hz.
  • Woofer menghasilkan suara dengan frekuensi 40 Hz hingga 1 kHz.
  • Horn (tweeter/ nada tinggi) menghasilkan suara dengan frekuensi 2 KHz hingga 20 KHz
  • Middle menghasilkan suara dengan frekuensi 300 Hz hingga 5 KHz
  • Speaker Full Range menghasilkan suara dengan frekuensi kerja Woofer, Middle dan Tinggi.
Baca juga artikel tentang :
  • Speaker Monitor untuk Sound System Panggung
  • Box speaker 15 inch untuk bass
Baca juga Speaker Monitor System

Terimakasih atas kunjungan anda tentang cara kerja speaker system, dan semoga anda mengetahui mengetahui macam-macam Speaker. Semoga bermanfaat.