×

Maksud dan Cara Kerja Equalizer Sound System

Equalizer (dalam bahasa tehnik sound system disingkat EQ) adalah peralatan audio system yang bertugas untuk meningkatkan dan atau mengurangi tone frekuensi pada range yang kita perlukan dan juga apabila ingin suatu band kita pangkas. Penyetingan yang benar akan membantu untuk menaikkan kualitas suara yang dihasilkan sound sistem yang dalam hal ini menyamai (equal) suara aslinya. EQ sangat berguna bagi soundman saat mereka mensetup sound system. Tak hanya mengupas tentang cara setting EQ, di situs ini dapat anda lihat beragam Equalizer sound system dengan merek dbx, Behringer dan sebagainya untuk perangkat sound system yang anda miliki..

Equalizer-Sound-System
Contoh EQ merk dbx yang disusun di rack sound

Cara Kerja Equalizer

Saat terjadinya proses/ cara kerja pada perangkat ini maka akan berguna untuk menguatkan atau meniadakan beberapa sinyal atau frekuensi (cut off) tertentu pada pendengaran kita. Saat melakukan pensetingan (penyetelan), kita biasanya menggeser (posisi naik atau turun) pada tombol-tombol EQ ini (merupakan fungsi kerja dari Variable Resistor) pada range frekuensi yang ingin dirubah. Dalam bahasa teknik fungsi tombol geser ini disebut slider.
Coba anda baca uraian berikut urutan menyambung Equalizer pada sound system

Kegunaan dan cara setting EQ pada sound system

Maksud penggunaan Equalizer adalah agar suara yang dikeluarkan oleh sound sistem akan terdengar seimbang dan enak di telinga. Efek atau keuntungan lain bila kita menggunakan Equalizer adalah untuk mengurangi terjadinya feedback, mengecilkan suara noise, dan meningkatkan kinerja speaker dengan cara menyesuaikan respon frekuensi. Untuk menghubungkan Equalizer ini gunakan Jack to Tack TRS Connector agar phase sinyal tetap stabil dan lebih hifi.

Untuk pensetingannya adalah menghubungkan jalur output EQ menuju ke input Power Amplifier atau ke speaker aktif (bila memakai acive speaker).
Mungkin anda ingin melihat daftar harga Equalizer Audio (misalnya dbx) yang cukup murah juga terdapat di halaman ini.

Khusus untuk harga equalizer dapat anda lihat pada kategori yang kami sediakan ini,
Penutup
Demikian yang dapat saya sampaikan pada artikel maksud dan cara kerja Equalizer dan harga pada halaman ini. Semoga bermanfaat. Terimakasih kunjungan anda.