Mendesain Mic Wireless System Converting Sending untuk Drum


Menggabung Mic Drum Wireless dengan Satu Frekuensi Pancar

Microphone wireless - Artikel ini seharusnya saya tulis dengan bahasa Inggris, tapi karena Google memiliki fasilitas translate maka tak masalah saya tulis dalam bahasa Indonesia. Artikel ini merupakan ide pribadi penulis yang juga berprofesi sebagai sound-man untuk para produsen peralatan Audio menjadi sebuah hasil produksi terbaru berupa Mic Drum wireless dengan sistem transmitter Multiplexer gabungan seluruh channel dengan memakai satu Frekuensi saja. Sistem kerjanya adalah menggabungkan seluruh channel Mic Drum melalui A/D Converter dan dipancarkan oleh transmitter dalam satu frekuensi. kemudian Hasil pancar tersebut diterima oleh Receiver dan diterjemahkan menjadi D/A Converter dan seluruh channel yang dipancarkan tadi kembali diproses oleh sirkuit penjumlah dan hasil outputnya nanti akan menuju channel mixer audio.

Microphone Drum Set kabel ke Wireless

Mic drum biasanya dengan type atau jenis Mic kabel yang terdiri dari minimal 6 buah mic, yaitu mic pedal, mic Snare, Mic Tom High, mic Tom Low, mic Floor, Mic Cymbal dan sebagainya. Dari semua Mic drum diatas kemudian masuk menuju Mixer Audio FOH melewati Snake Cable yang panjang. Terserah operator akan mencoloknya pada channel berapa di console FOH tersebut.
Dari ide inilah saya bermaksud ingin memberi saran kepada pihak produsen agar mau mendesain Mic Drum Wireless yang dipancarkan oleh satu frekuensi UHF, atau versi lainnya adalah memakai satu bagian Mic Drum dengan satu channel frekuensi yang sirkuit OP AMP berada dalam satu kotak. Jadi satu mic tetap memakai satu frekuensi.

Microphone Wireless 2 Mic (TX) 1 RX

Kini memang telah banyak beredar berbagai merk Microphone dengan 1 handheld mic dan 1 penerima (RX) yang dipancarkan oleh satu frekuensi VHF atau UHF. Kemudian ada lagi microphone wireless yang terdiri dari dua Mic handheld dan satu receiver yang dipancarkan dengan memakai dua frekuensi juga pada kedua Mic tersebut walau berada dalam satu kotak RX. Bagian sirkuit Pemancar (TX) biasanya terdapat pada gagang Mic yang kita pegang dan bagian receiver mengeluarkan dua channel Out atau bisa juga menjadi satu channel out yang digabungkan antara Channel A dan Channel B pada kedua Mic tersebut.
Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana menggabungkan beberapa Mic drum dan dipancarkan oleh satu frekuensi saja?.

Disign for Mic Drum Wireless Converting Sender
Diagram Schematic Mic Drum Wireless

Azaz Kerja Mic Drum Wireless dengan Satu Frekuensi

Sistem pemprosesan audio sekarang ini bisa dilakukan dengan prinsip pengolahan Analog ke Digital Converter yang akan menggabungkan seluruh channel audio menjadi Digital dan kemudian dipancarkan dalam satu frekuensi UHF. Sebelum sinyal audio tersebut dipancarkan, maka akan melewati bagian penjumlah seluruh channel mic yang masuk (CH1, CH2 dan seterusnya). Pada bagian panel Box nanti bisa ditulis MIC KICK IN, MIC SNARE IN dan seterusnya. Mengenai Microphone Drum yang dipakai adalah tetap memakai mic drum kabel konvensional, hanya saluran pancarnya saja yang akan masuk ke bagian BOX Transmitter dari desain diagram saya ini.

Simak juga : Cara Merubah Frekuensi Mic Wireless

Bila terjadi kekeliruan maka saya akan mengupgrade halaman tentang Microphone Wireless ini.

Terimakasih atas perhatiannya.


Share this :

Artikel Terkait: