Cara Setting Mixer Sound System - Fungsi Jack Insert


Artikel ini membahas tentang cara setting audio system dan mengkoneksikan Jack Insert di mixer sound system dan untuk apa fungsinya. Bila anda terus berhadapan dengan peralatan audio anda maka menimbulkan keakraban kita dengan peralatan dan tentu anda akan memahami fungsi dari tombol dan konektor yang terdapat dalam Console sound system anda.

Apa Makna Insert Jack di Mixer

INSERT yang ada ada Mixer Audio adalah konektor untuk menghubungkan fasilitas perangkat eksternal yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal pada komponen tersebut dan kemudian untuk mengembalikan ulang pada saluran mixer anda. Fasilitas eksternal tersebut bisa berupa Sound Effect (FX), Comprosser, dan juga EQ. Tidak semua Mixer sound dilengkapi dengan sirkuit ini. Fasilitas ini hanya terdapat pada profesional Console Mixer saja. Untuk dapat menggunakan fungsi dari sirkuit ini maka kita harus menggunakan TRS Jack stereo. Pada bagian pengkabelan harus menggunakan kabel dengan jenis Coaxial yang berisi 2 kabel tunggal yang dilapisi serabut. Anda bisa menggunakan kabel Canare ukuran 3 mm atau dengan type L-2B2AP. Pada waktu penyolderan kabel dan jack ini jangan sampai terhubung singkat antara kabel berwarna merah dan putih. Pada bagian serabut kabel dihubungkan ke body jack.

Bagaimana Cara Menyambung Insert di Mixer

Sebelum kita melanjuti tentang cara mengkoneksikan fasilitas Insert di Mixer sound system, maka perlu kita ketahui terlebih dahulu tentang sistim kerja sirkuit ini dalam penyambungan antar peralatan dan Mixer. Ada dua macam sirkuit Insert yang terdapat pada Mixer Audio, yaitu terdapat pada masing-masing Channel dan pada Master Output.
1. Insert pada urutan Channel Mixer
2. Insert pada Master Mixer/ Main Insert.

Konektor ini berada di bagian atas atau di bagian belakang mixer Anda. Setiap deretan channel dilengkapi dengan Connector ini yang berdampingan dengan Conector Input Channel (XLR Jack). Sirkuit ini akan aktif pada channel yang anda colokkan apabila mendapat koneksi jack insert. Agar fasilitas ini dapat bekerja maka kita harus mengetahui skema atau diagram TRS Jack ini.

Sistim kerja Conektor Insert

Seperti yang diterangkan di atas bahwa Jack yang digunakan untuk penyambungan fungsi Insert ini adalah menggunakan Jack TRS (stereo) untuk mengirim sinyal. Untuk mengembalikan sinyal (Signal Return) dari Out external device (misal EQ) menggunakan TR Jack (Mono).

Cara-Setting-Mixer-Sound-System

Perhatikan warna gambar Jack, sengaja saya buat denga menggunakan warna khusus sebagai tanda koneksi.

Cara Merakit dan Menyolder Jack Insert

Untuk membuat sambungan antara Jack Insert dibutuhkan Phono Jack Stereo (TRS) sebagai penghubung ke female Connector di Mixer. Selain itu anda perlu konektor penghubung ke peralatan FX, EQ, Compressor, anda harus menyesuaikan bentuk Jack Input peralatan external device anda. Kadang peralatan seperti EQ menggunakan Jack standar berupa TR atau XLR Jack sebagai Input dan Output. Khusus untuk jack yang diakai untuk fasilitas Insert ini terdapat Tip (warna hijau pada gambar diatas), Ring (warna biru muda), dan Shield (Sleeve) warna hitam ke ground.

Tunggu update berikutnya pada artikel saya yang lainnya. atau baca artikel tentang
Lihat dan check dulu peralatan audio system anda sebelum melakukan penyetingan agar memeudahkan dalam penyambungan koneksi jumper masing-masing komponen atau aksesoris sound- nya

Demikian ulasan bagaimana setting sound system ini.

Penutup
Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan anda pada halaman ini.


Share this :

Artikel Terkait: