Cara Mensetting Suara Biola pada Mixer Sound System yang Bagus


Cara Menyetel Suara Biola mengunakan Spool dan Mic pada Mixer


Tips cara setting audio system. Bila kita akan mengeluarkan suara biola terdengar di speaker sound system dengan suara halus dan kencang maka harus bisa mensetingnya di Mixer Audio dan menyetel peralatan lainnya. Ada beberapa prinsip dalam memasukkan sinyal input dari biola ini. Prinsipnya sama dengan memasukkan sinyal pada akustik guitar yang menggunakan spool internal di dalam badan guitar. Namun kadang kita menjumpai pada violin akustik biasa yang tanpa spool internal memang harus menggunakan Microphone yang berdekatan dengan biola tersebut.

Ada dua type penyerapan sumber bunyi (Transducing) dari biola yaitu;
  • Transducer Internal, Spool Akustik di dalam body
  • Transducer Eksternal, Microphone vokal menggunakan tiang Mic atau Wireless Clavier

Cara-Mensetting-Mixer-Sound-System-yang-Bagus

Cara Setting Biola Lewat Transducer Internal pada Mixer Audio

Cara seting sound system pada waktu menyetel suara Biola dengan Transducer Internal berupa Spool Akustik di dalam body. Keluaran terakhir dari akustik Violin sudah menggunakan spool internal di dalam body. Malahan sudah dilengkapi dengan Equalizer. Di sana dapat kita temui connector Phone atau Cannon. Kita tinggal menghubungkan kabel jack dari Jack di Biola tersebut menuju ke posisi channel berapa anda akan memasukkannya di Mixer. Pada bagian output Biola sebelum menuju Mixer Audio dapat melewati Sound FX khusus Violin agar suara lebig terdengar merdu. Caranya adalah Out Biola menuju input SFX, kemudian Out SFX menuju Mixer Audio.

Cara Menyetel Biola Lewat Transducer Mic ke Mixer Sound System

Bila Biola anda menggunakan Transducer Eksternal (transducer Mic), maka kita harus menerima sumber bunyi tersebut dengan Microphone vokal yang digantung pada tiang Mic, atau dapat juga memakai Mic Wireless Clavier. Saya mendapati kondisi ini saat menseting Violin yang tanpa spool di dalam biola tersebut. Saat itu saya menggunakan Microphone Clip On Wireless yang ujung Microphone-nya mengenai arah lubang angin biola tanpa menyentuh senar. Penggunaan Mic Wireless ini agar memudahkan dia untuk bereskpresi di panggung saat pentas. Pensetingan menggunakn mix clip on sama dengan menyetel microphone biasa pada Mixer. Untuk memperbagus suaranya anda tinggal mengatur EQ atau Tone Control di Mixer. Usahakan Gain sensitivity tidak mendekati garis merah di Indicator Level Display Mixer.

Baca juga :
Lihat panduan lainnya tentang peralatan dan cara setting sound system

Terimakasih atas kunjungan anda. Semoga bermafaat.


Share this :

Artikel Terkait: