×

Cara Setting Sound FX External - Bagian II

Kelanjutan bacaan tentang cara setting sound Effect External untuk Vokal Microphone untuk Karaoke

Cara Setting Sound FX pada Mixer Yamaha

Lalu bagaimana cara setting sound serta mengkoneksikan perangkat sound FX misalkan dengan merek Yamaha REV100 ini. Input Send mendapat sinyal audio berasal dari bukaan tombol AUX (FX) channel yang akan ditrim. Pada masing-masing channel terdapat tombol yang bertuliskan FX. Output sinyal yang telah mengalami pemprosesan Digital ini kemudian menjadi Analog yang keluarannya akan terhubung ke bagian penjumlah/ mixing/ pencampur pada bagian master sirkuit di perangkat Mixer anda. Pada bagian mixing di master ini terdapat pengatur kepekaan berupa level return yang akan memberikan seberapa besar kekuatan efek yang and kehendaki. Jadi anda harus bisa mengatur sinkronisasi antara Send level input dengan level Return agar suara yang dikeluarkan oleh perangkat ini supaya terdengar bagus.

Cara-Setting-Sound-Effect-External-System

Jack to Jack Connector Jumper - Macam macam Jack Audio

Kabel yang dibutukan untuk menghubungkan jack to jack antara mixer dengan external FX adalah kabel dengan connector TR atau Phono Connector. Anda dapat menyalurkan sinyal audio pada channel yang anda pilih ke AUX send Connector (misalkan AUX 1) di mixer, output processor FX external Return ke Connector Return pada Mixer. Bila tidak ada fasilitas jack Return di Mixer maka anda dapat menghubungkannya ke Stereo Channel pada Mixer dengan menggunakan rca jack connector. Cara menyolder kabel jack stereo akan saya bahas pada kesempatan lain. Sekarang ini pada Equalizer dan SFX dilengkapi dengan dua variasi jack ke jak connector yaitu jack canon (stereo) dan juga Jack TRS (stereo). Jack TRS ini kadang orang meneyebutnya dengan Jack Pisang atau jack Akai
Catatan : jangan membuka Level AUX 1 yang terhubung ke sound FX external pada channel stereo tersebut karena dapat menimbulkan feedback atau denging.

External Sound FX pada peralatan Sound System

Kadang pemilik sound system kurang puas dengan hasil suara FX yang dikeluarkan oleh processor FX yang terdapat di mixer. Mereka terkadang membeli sound FX Processor eksternal misalnya merek Yamaha REV100. Proses kerja dan pensetingannya sama dengan FX internal di mixer.

Untuk bagian High End Speaker system maka kita bisa menggunakan aktif speaker dengan kualitas bunyi yang terbaik. Alat musik seperti Biola bisa juga dimasukkan suara reverb di Mixer, coba lihat juga bagiamana cara setting suara biola pada sound system.

Kembali ke menu sebelumnya tentang cara set SFX

Baca juga artikel berikut tentang : Cara Recording Sound System - Aplikasi Program Komputer untuk belajar proses merekam.

Semoga bermanfaat.
Terimakasih partisipasi anda dalam membaca tulisan ini.....