Setting Gain Input Mixer Audio yang Bagus


Kalibrasi Intensitas Gain Input Mixer agar Audio Bagus

Rubrik ini mungkin berguna bagi anda saat menseting Mixer Sound System terutama mengkalibrasi rasio sumber Gain input yang akan masuk pada salah satu Channel Mixer agar kita mendapat suara yang bagus dan lembut pada sound system. Apapun sumber input yang akan masuk ke channel Mixer harus kita set dahulu berapa besar intensitas sinyal audio yang akan diproses bagian penguat depan Mixer dengan cara mengatur tombol GAIN atau Sens (Sensitivity) pada input channel yang kita colok. Sumber input ini bisa berupa vokal dari Microphone, Keyboard, Laptop, Guitar dan alat musik lainnya. Sumber gain nput yang melebihi kapastas standar berakibat juga pada audio yang over dan cacat pada bagian High end, dalam hal ini adalah Loudspeaker.

Cara Praktis Setting Gain Input Mic untuk Vokal yang Baik

Pada Mixer terdapat tombol GAIN/ SENS (putar) dan tombol VOLUME (geser). Fungsi tombol SENS adalah untuk mengatur input yang datang ke Mixer sebelum sinyal audio diproses, dan tombol VOLUME adalah untuk melepaskan seberapa besar sinyal outputnya yang akan masuk ke bagian MAIN MASTER.
Saat menyetel sinyal audio pastilah terdeteksi oleh Indikator LED Display sebagai pemandu bagi kita untuk mengetahui seberapa besar audio yang telah diproses oleh sirkuit board Mixer dengan satuan decibel.
Ada teknik khusus yang sering saya lakukan saat seting Mixer sound system dan mungkin diterapkan oleh tehinsi Audio untuk mendapati suara yang bersih.dan bagus dalam mengkalibrasi sumber input dari microphone dan sumber input audio lainnya.

Kalibrasi-Gain-Input-Mixer-Audio

Yang perlu diingat, saat menseting gain input adalah pemahaman kita tentang perbandingan pada standar Gain 0 dB. Secara teoritis, Gain 0 dB ini merupakan faktor penguatan X 1.
Gain Input Mixer Audio Bagus

Akh, terlalu ribet menggunakan teoritis dan kalkulasi diatas. Mari kita lakukan pensetingan gain input ini berdasarkan kebiasaan para Soundman senior.

Cara Set Mixer Sound pada Gain Input, PFL, dan Display Indicator

Peran tombol PFL dan Indikator LED display
Para Sound-man senior yang cuma bermain sensitivitas ini dengan bantuan melihat indikator LED display dan menekan tombol PFL. Tombol PFL ini biasanya terletak pada bagian Volume. Pada sebagian merk Mixer, nama lain tombol ini adalah bertuliskan SOLO.
Cara set vokal pada mixer adalah mengatur bukaan Level yang masuk ke salah satu input Jack channel (misalkan Mic yang terpasang di CH 1) dengan langkah sebagai berikut ;
  • Flat-kan seluruh tombol EQ/ Tone pada channel tersebut pada posisi tengah.
  • Sambil bicara di Mic, aktifkan atau tekan tombol PFL pada CH 1 tadi [pada kondisi ini seluruh perangkat Sound bisa anda aktifkan semua atau boleh dalam keadaan MUTE pada Power dan Speaker, kecuali Mixer saja yang ON, anda juga bisa menutup/ menurunkan tombol VOLUME Channel 1 tersebut atau dalam kondisi terangkat],
  • Atur bukaan Level tombol GAIN (Sens) sambil terus bicara di Mic (check.. check.. check.. atau terserah anda mau ngomong apa),
  • Amati kondisi berapa lampu LED indikator yang menyala pada saat anda bicara 'check check' tersebut [pada kondisi ini, posisi indikator sebaiknya menyala pada posisi 0 dB atau tak melebihi angka +3 dB]
  • Angkat tombol Volume bagian MAIN MASTER (Stereo, Kiri dan Kanan) tepat pada skala garis angka 0 dB,
  • Lepaskan tombol PFL dan angkat tombol Volume perlahan sambil bicara, dan lihat posisi indikator harus didapati menyala pada posisi 0 dB juga, atau maksimal +3 dB,
  • Selesai untuk set Microphone. Lakukan tahap penalaan yang sama pada komponen input yang lain, misal Orgen Tunggal
  • Sekarang nyalakan seluruh perangkat Sound system berupa Power dan Speaker,
  • Atur frekuensi nada yang bagus menurut anda untuk set EQ pada channel mixer tersebut.

Catatan

Perlu menjadi perhatian bahwa jarak antara mulut dan Mic serta power suara mulut yang kita keluarkan saat kita menseting Sens ini tentu berpengaruh pada intensitas suara yang akan diproses oleh Pra Penguat pada Channel Mixer Audio yang terlihat di indikator. Sementara itu, mungkin nanti Mic yang telah anda set tadi dipegang oleh seseorang yang bersuara berat dan kuat, maka anda harus melihat kembali berapa penguatan suara orang tersebut dengan menekan ulang tombol PFL/ SOLO dan lihat indikator, jika level LED menyala hingga mendekati lampu merah maka anda harus menurunkan GAIN menjadi 0 dB kembali, kemudian lepaskan kembali PFL tersebut.

Coba anda perhatikan gambar diagram skema Mixer stereo dan mono berikut,
Diagram skema Mixer stereo dan mono

Baca juga

Kesimpulan
Jadi kalibrasi sumber input yang datang harus sama dengan output yang dilepaskan oleh Mixer, yakni tetap pada penguatan 0 dB yang terlihat di indikator display.

Khusus pembahsan tentang mixer sound system silakan lihat pada menu utama. Disana terdapat beberapa daftar harga untuk mixer ternama seperti : Yamaha, Behringer, Soundcraft, Mackie, dan mixer murah lainnya.

Demikian uraian yang dapat saya sampaikan pada teman semua, semoga bisa dipahami...
Salam sukses selalu.


Share this :

Artikel Terkait: