Apa Maksud Channel Monaural dan Stereo pada Mixer Audio


Dalam suatu keadaan kadang seorang teknisi sound system membutuhkan banyak saluran input untuk microphone dalam sebuah Mixer sound system. Tentu mereka akan mencari Mixer console dengan jumlah channel untuk input Mic yang banyak. Misalkan saat itu mereka menginstalasi perangkat Sound untuk pagelaran musik yang cukup besar, atau bisa juga pada sound system untuk pagelaran wayang dan lain sebagainya. Tiap percusi, drum, gendang tentu membutuhkan banyak sekali microphone yang mungkin lebih dari 24 mic.
Memang susah menerangkan sebuah teori dalam bidang Teknik Audio kecuali mereka yang selalu berhadapan dengan perangkat ini dan paham pembacaan skema rangkaian elektronika. Mereka yang pernah merakit sendiri Mixer tentu lebih memahami alur-alur distribusi dan juga paham maksud Mono, Stereo dan juga maksud Monaural.

Maksud Monaural dan Stereo

Biasanya banyak orang (termasuk saya) bila akan mencari atau membeli mixer, tentu akan terfokus pada jumlah channel monaural pada satu model yang diinginkan. Kondisi ini adalah untuk mengetahui berapa jumlah Jack Microphone yang bisa ditancapkan di situ. Kadang mereka tak begitu membutuhkan terlalu banyak channel stereo, paling tidak cukup 2 jalur kolom saja (4 channel). Banyak orang bila hendak membeli mixer terpaku pada kata channel Mono untuk Mic.

Maksud kata "channel Mono" sebenarnya kurang tepat dalam istilah ini karena proses audio pada sebuah mixer pasti akan merajuk ke posisi stereo pada bagian akhir sirkuit dalam satu trip channel. Oleh sebab itu lebih lebih pas disebut dengan kata Monaural atau boleh disebut juga sebagai saluran tunggal balance. Pada saluran Monaural (tunggal balance) terdapat trip sirkuit tunggal, sedangkan pada channel stereo pada trip sirkuit ganda pada satu jalur kolom.

Jumlah Channel yang saya maksud ini bukanlah merupakan jumlah seluruh input channel yang terdapat pada salah satu type Mixer, namun saya lebih menyukai untuk membahasnya berdasarkan jumlah channel Monaural yang terlihat dari berapa banyak Jack Input XLR sebagai input Microphone. Maka dalam judul di atas saya tambahkan kata 'Monaural', walaupun pada spek produk tersebut jumlah channel keseluruhannya lebih dari 8 buah (termasuk input channel Stereo). Tapi pada spesifikasi untuk tiap model saya tampilkan juga jumlah channel keseluruhannya.

Block Diagram Channel Monaural dan Stereo pada Mixer

Berikut dapat anda lihat skematik diagram dasar yang terdapat pada Mixer Audio
Perbesar gambar untuk memperjelas

Perbedaan Channel Monaural dan Stereo

Dalam diagram diatas dapat kita lihat bahwa pada Circuit Channel Monaural (sebagian orang menyebutnya MONO) terdapat satu buah penguatan tingkat depan (Preamplifier) dalam hal ini tertulis preamplifier Tunggal. Pada bagian paling depan dapat kita lihat terdapat satu Jack input menggunakan XLR Balance dan juga TRS. Pada bagian Preamplifier ini terdapat Variable Resistor untuk mengatur intensitas kepekaan sinyal suara dalam hal ini GAIN (Sens). Dari bagian Preamplifier ini kemudian sinyal diteruskan ke bagian pengolahan frekuensi nada (EQ control).

Sedangkan pada Circuit Channel Stereo terdapat dua penguatan ganda (preamplifier ganda). Kita lihat pda bagian paling depan menggunakan Jack input L dan juga Jack input R. Setiap output masing-masing channel baik stereo maupun monaural terkoneksi ke bagian MASTER untuk dilakukan pencampuran seluruh channel yang tersedia. Pada bagian Preamplifier ini terdapat Variable Resistor untuk mengatur intensitas kepekaan sinyal suara dalam hal ini GAIN (Sens). Pada Preamplifier ini sinyal audio kemudian diteruskan ke bagian pengolahan frekuensi nada (EQ control) atau Tone control.

Maksud XLR dengan Sambungan Balance

XLR adalah salah satu type Jack Audio extra large yang sangat familiar dengan menggunakan sistim koneksi Fase positif dan juga Fase negatif yang seimbang (balance). Pada bagian pin terdapat urutan penyambungan kabel yang tertulis 2, 3 dan 1. Nomor 2 sebagai Fase positif, nomor 3 sebagai Fase negatif, dan nomor s1 adalah sebagai fase netral (grounding). Anda jangan salah kaprah tentang kata XLR ini, kata (L) bukan bermaksud LEFT (kiri) dan kata (R) sebagai RIGHT (kanan). Kadang orang sering menyambungkan jack ini menjadi saluran stereo, yang maksudnya adalah menyambung Pin nomor 2 menjadi saluran L audio dan Pin no 3 menjadi saluran kanan untuk disambungkan ke perangkat musik, misalnya Keyboard, Laptop dan sebagainya. Tentu ini adalah sambungan yang salah.

Baca juga artikel berikut tentang
Demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga memberi manfaat. Terus kunjungi halaman harga peralatan audio mixer sound system ini.

Info referensi harga Mixer
Khusus harga mixer audio silakan lihat pada menu utama, disana terdapat beberapa daftar mixer ternama seperti : Yamaha, Behringer, Soundcraft, Mackie, dan mixer murah lainnya.

Terimakasih atas kunjungan anda


Share this :

Artikel Terkait: