Cara Setting Frekuensi EQ Internal pada Channel Mixer Audio


Cara Setting Equalizer (EQ) pada Mixer Sound System - Bila kita melihat pada jalur channel-channel yang terdapat pada Audio Mixer pasti terdapat Tone control atau Equalizer (EQ) internal yang cara penyetelannya adalah diputar dengan nilai angka tertentu. Pada Mixer, ini termasuk dalam tipe Equalizer Parametrik. Fungsinya yaitu sebagai pengatur Frekuensi Tone dalam merubah nada suara (bila diinginkan) yang masuk pada channel tersebut. Umumnya Operator mixer akan melakukan perubahan setingan knob EQ yang bertujuan untuk merubah suatu frekuensi nada yang tidak dinginkan atau mungkin ada nada yang perlu ditambah pengaruh bunyinya. Juga mereka melakukan ini adalah untuk mengurangi sinyal input yang feedback (berdengung atau berdenging), over tune level, dan lainnya. Jadi Fungsi Equalizer adalah untuk meng-cut (menghilangkan), mengurangi dan menambah suatu range tone frequency pada peralatan sound system yang berisi nada Low, Middle dan High, terkadang intensitas range frekuensi band.

Menu pengaturan yang lebih dominan dari suatu Equalizer parametrik yang ada di mixer adalah berupa Low, Mid dan High (bass dan treble) dalam bentuk penambahan atau penguatan (boost) dan pengurangan atau pemangkasan (cut), Pada posisi terdekat ada juga pengaturan tambahan (pada sebagian Mixer) berupa pengaturan Range Frequency (disingkat Freq.) dengan 4 jalur dengan fungsi parametrik penuh. Ini semua bertujuan untuk menemukan citra suara sound yang bagus.

Proses Cara Pensetingan Equalizer Internal pada Channel Mixer Sound System

Dibawah ini merupakan langkah yang biasa kami (operator) lakukan tiap kali akan merubah suara pada channel yang akan disetel
  • Terlebih dahulu biarkan semua posisi EQ internal Mixer dalam posisi default (flat)
  • Lakukan putaran pada tombol Freq untuk memilih frekuensi yang akan kita ubah suaranya.
  • Bila suara terasa kurang pada pendengaran anda maka coba putar salah satu tombol boost/ cut untuk menambah atau mengurangi frekuensi yang kita fokuskan tadi. Biarkan tombol untuk frekuensi yang lain dalam kondisi flat.
  • Putar tombol boost/ cut level ke arah kiri yang menandakan dalam kondisi pangkas atau mengurangi
  • Putar tombol frekuensi sampai sound yang terdengar boom tadi berkurang atau hilang.
  • Setelah frekuensi telah cuku terdengar mantap di telinga, coba lakukan pengaturan lagi pada tombol boost/ cut.
Lhat gambar berikut

Setting EQ Internal pada Channel Mixer Sound System
Melakukan pemotongan yang terlalu penuh atau terlalu berlebihan pada frekuensi Low Mid (nada tengah dan bass) bisa mengakibatkan sound yang terdengar kurang menghentak dan dalam.

Cara Setting Tone Default di Mixer dan Sweepable Equalizer

Cara pensettingan EQ Default atau setingan fix (Flat) yang telah ditetapkan oleh pabrik pembuat, ini bermaksud adalah pada EQ tersebut memiliki tombol dalam frekuensi standar. Artinya frekuensi suara telah disesuaikan bunyinya berdasarkan sektrum dan respon frekuensi nada standar. Arah putaran biasanya pada arah jam 12 pada posisi center. Quasi Parametric (tanpa tombol pengaturan bandwidth). Pada EQ full parametric kita dapat melakukan pengaturan tiap parameter frequencies, bandwidth, ataupun pengaturan kepekaan level. EQ tipe ini mempunyai kemampuan seting yang sangat luas. Biasanya menyediakan pengontrolan middle range dengan system EQ 3 way atau 4 way. Pembagian tombol untuk pengaturan frekuensi EQ di mixer Console terdiri atas :
  • Parametric EQ internal Mixer jalur 2 way : Low dan High
  • Parametric EQ internal Mixer jalur 3 way : Low, Mid, dan High
  • Parametric EQ internal Mixer jalur 3 way + Freq. : Low, Mid, High dan pengaturan Freq. tertentu (bila ada)
  • Parametric EQ internal Mixer jalur 4 way + Freq : Low, Low Mid, Hi-Mid, High, dan pengaturan Freq. tertentu (bila ada)
Bila kita memutar knob boost/ cut akan memberi pengaruh bunyi dari 12 dB atau 16 dB tergantung mixing console apa yang kita pakai.

Cara Setting Equalizer 31 Channel pada External EQ

Cara Setting Equalizer eksternal 31 Channel misalkan merek dbx yaitu dengan menghubungkan output dari Mixer audio menuju ke input EQ dengan menggunakan sambungan Connector Balance dan Output EQ ini kemudian menuju ke Power Amplifier. Bisa juga output Equalier ini menuju Crossover aktif sebelum masuk ke bagian Amplifier masing-masing driver speaker dengan nada tertentu, bass, mid low dan middle high.

Penutup

Semoga artikel ini yang berjudul cara setting Equalizer (EQ) Internal pada Channel Mixer Sound System dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Baca juga artikel berikut tentang pengenalan fungsi fasilitas tombol dan Jacks pada Mixer Audio atau untuk melihat daftar harga Mixer Audio dengan merk Yamaha dan Mixer Audio Behringer dapat anda buka di halaman ini. Coba baca juga artikel tentang Microphone system.
Lihat halaman lain pada situs cara setting peralatan sound system ini.
Nantikan pembahasan tentang Mixer Audio Soundcraft Harga
Atas kunjungan anda saya ucapkan terimakasih.


Share this :

Artikel Terkait: