Fungsi Equalizer dan Crossover dalam Loudspeaker Management System (LMS)


Pengembangan Equalizer dalam pengolahan audio terbaik

Koneksi Audio Memakai Loudspeaker Management System (LMS) Digital


Fungsi Manajemen Sound System - Apa kabar rekan-rekan yang berprosfesi sebagai teknisi atau pemilik sound system, halaman ini untuk khusus untuk anda dan semoga bisa dipahami. Bacaan ini melanjuti artikel sebelumnya tentang cara urutan menyambung Equalizer dalam Sound system. Rubrik bahasan ini tentang mengaktifkan fungsi Equalizer dalam Loudspeaker Management System (LMS) Digital. Jika anda memiliki LMS dan ingin menggunakannya, maka anda bisa menjemper (mengkoneksikan) output dari EQ ini menuju ke input LMS, tapi bisa juga fungsi EQ yang anda miliki ini ditiadakan. Jadi, anda bisa memakai EQ yang pernah anda miliki tersebut dengan menggantikan posisinya menjadi EQ untuk mengatur equalizing (memangkas atau mengurangi frekuensi yang diperlukan/ tidak diperlukan) pada Speaker Monitor via Power Amplifier. Kenapa bisa ditiadakan? Karena di dalam Management Speaker sudah terpadu dengan beberapa konfigurasi secara kompak dan modern dalam pengolahan audio lainnya, diantaranya :
  • fungsi Equalizing,
  • fungsi Crossover,
  • fungsi Limiter dan Compressor
Fungsi lainnya yang terdapat pada LMS
  • Pink Noise Out,
  • RTA dan lainnya.
Proses pengolahan audio yang terdapat dalam LMS ini dilakukan secara digital. Jadi LMS ini juga termasuk dalam lingkup kategori peralatan sound system berupa Equalizer.

Setup DLMS dbx DriverRack PA

Sistim kerja pada Digital LMS (DLMS) misalnya pada merk dbx DriverRack PA saat anda mengaktikannya maka semua sistim konfigurasi pada mesinnya akan berkerja secara otomatis yang telah disesuaikan dengan set default pabrik. Maka dalam hal ini fungsi EQ, Crossover dan Limiter serta Compressor sudah aktif semua sesuai set yang telah diatur pabrik. Tapi dalam hal ini, anda bisa merubah sistim pengaturannya lewat menu-menu yang tersedia dengan menekan beberapa tombol yang ada di bagian panelnya tergantung fungsi mana yang akan anda atur.
Setup EQ dan Crossover DLMS dbx DriverRack PA

Memang agak rumit dalam mengatur Setup LMS ini, namun apabila kita sering berhadapan dengan alat ini dan mengenal fungsi tiap tombolnya maka akan membuat kita lebih mudah dalam menemukan cara mudah dalam pensetingannya.

#1. Setup Equalizer pada LMS

Gambar dibawah ini menunjukkan Panel control untuk mengaktifkan fungsi Equalizer pada LMS yang saya beri tanda persegi warna merah. Lihat panel menu dengan menekan tombol EQ dan pada display akan tampak grafik band EQ yang akan anda atur mulai dari freq 40 Hz hingga 16 Khz.
Setup Equalizer pada LMS DriverRack
Tombol Slider berbentuk bulat berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan angka nada yang akan anda set. Untuk memindahkan kursor pada bilah berikutnya yaitu tekan tombol Next PG dan Prev PG. lalukan penyimpanan data yang telah anda set dengan menekan tombol STORE dan beri nama setingan anda.


#2. Setup Crossover pada LMS

Karena LMS berperan sebagai Crossover maka dapat kita lihat pada display menu LMS ini terdapat sistim koneksi yang akan menuju ke distribusi Power dan Speaker dengan bertuliskan jalur Band frekuensi output LMH (LOW, MID, HIGH).
Lihat gambar dibawah ini menunjukkan sistim distribusi sinyal audio yang telah dibagi dalam 3 jalur audio terpisah yakni Low (L), Mid (M), dan High (H) dalam 2 channel (Stereo) kiri dan kanan

Setup Crossover DLMS dbx DriverRack PA

Alur Distribusi Router Audio pada Display LMS di atas
  • tanda LH : jalur Kiri (L) freq High
  • tanda RH : jalur Kanan (R) freq High
  • tanda LM : jalur Kiri (L) freq Middle
  • tanda RM : jalur Kanan(R) freq Middle
  • tanda LL : jalur Kiri (L) freq Low
  • tanda RL : jalur Kanan (R) freq Low
Fungsi Crossover dalam compact Management Loudspeaker bisa diatur alur distribusi output-nya sesuai keinginan anda, apakah dalam jalur 3 way atau 2 way. Bila anda memakai susunan jalur 3 way, maka semua koneksi jack pada panel output akan menuju ke masing-masing power yang akan difungsikan (Low, Middle dan Horn Speaker). Tapi bila anda hanya memakai sistim distribusi 2 way, maka jalur output LMS yang kita pakai adalah Jack output Low dan High saja yang diaktifkan. Anda tinggal mengatur menu bandwidth XOver untuk mangatur lebar range audio yang akan masuk ke masing-masing Power dan atau Speaker yang dituju.
Pada panel bagian depan terlihat display indicator LED dan tombol MUTE (kiri dan kanan) masing-masing Router (Low, Mid, dan High). Saat menseting salah satu Band Frekuensi, maka anda dapat me-mute band frekuensi lainnya sehingga terfokus pada nada yang akan anda setting saja. Lakukan langkah ini pada band frekuensi lainnya dan mute-kan frek yang tak difokuskan saat setting selanjutnya.
Untuk koneksi jumper audio menuju Power Amplifier masing-masing Band frequency dapat anda hubungkan sesuai jalur speaker yang dituju. Pada bagian Panel belakang terlihat alur distribusi audio stereo dengan router band Low, Mid, dan High yang memakai jack Cannon. Gunakan sisitim sambungan Balance saat anda menyambung. menyolder kabel ke jack ini.

Harga DLMS dbx DriverRack

Harga Manajemen Sound System - Mengenai harga speaker management system merk dbx ini berbeda-beda pada masing-masing distribusi prosuk tergantung kualitas atau original atau tidaknya barang yang anda inginkan. Standar harga LMS Driver Rack dbx berkisar 2 juta ke atas.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada rubrik Equalizer dalam LMS Sound System ini. Mungkin saya akan melakukan update pada ulasan ini, jadi tetaplah mengingat situs ini sebagai info tehnis dalam pengaturan sound system, serta tak lupa pembahasan mengenai loudspeaker sound system.
Memang agak rumit bagi saya menalarkan segi tehnis ini menjadi tulisan yang mudah dimengerti kecuali kita berhadapan langsung pada alat ini di lapangan dan mempraktekkannya. Saat kita membeli alat ini biasanya sudah lengkap disediakan buku panduan (manual) untuk mengoperasikan dan mensetup device ini.
LMS yang kami pakai adalah merk dbx DriverRack.

Sebenarnya pembahasan ini lebih cocok saya uraikan pada menu Cara Setting Sound System, namun karena ini masih dalam lingkup kategori Equalizer maka tak salahnya saya tempatkan di sini.

Khusus harga equalizer dapat anda lihat pada menu yang kami sediakan ini.
Admin (yang juga tehnisi sound) berpikir bahwa menulis atau mengapresiasikan pengalaman (skill pribadi) dalam bentuk tulisan itu jauh lebih rumit dari pada "meniru tulisan orang lain" atau lebih rumit menulis di situs dari pada mengoperasikan peralatan audio ini di lapangan secara langsung. Terkadang tak tidur... Cantumkan sumber penulis....
Nantikan update berikutnya. Terimakasih.


Share this :

Artikel Terkait: