×

Pengenalan Equalizer Audio untuk Sound System Profesional

Equalizer - Di halaman ini anda dapat mengetahui tentang apa maksud Equalizer dan untuk apa kegunaan peralatan ini pada sound system? Kami juga menghadirkan beberapa harga dan merk Equalizer Sound system (Equalizer Audio) dari merek ternama dan banyak dipakai. Di sini juga diterangkan tentang jenis-jenis Equalizer. Pembahasan pada kategori ini cenderung ke arah teoritis dan tehnis tentang seluk beluk Equalizer.

Apa Maksud Equalizer?

Pengertian Equalizer atau Equaliser (kadang disingkat menjadi EQ) adalah sebuah piranti Audio untuk menyesuaikan suara pada pita frekuensi tertentu yang akan diperkuat atau dikurangi, atau bisa disederhanakan adalah alat untuk menyesuaikan kualitas dan karakter suara. Eq merupakan bagian dari alat sound system yang sangat mendukung untuk menghasilkan output suara akhir pada audio system supaya terdengar bagus.

Pengenalan Equalizer Audio Sound System

Ada berbagai jenis Equalizer untuk berbagai keperluan seperti equalizer parametrik yang dikendalikan menggunakan tombol-tombol dibangun ke setiap saluran mixer, atau Graphic Equalizer yang memungkinkan beberapa pita frekuensi (misalnya : 7 band, 15 band, dan ada juga 31 band) harus disesuaikan menggunakan komponen berupa Slider (Variable Resistor).

Secara umum Equalizer yang paling umum digunakan adalah type Parametrik yang dilengkapi pada setiap saluran dari pencampur. Ketika mencampur musik yang melibatkan banyak instrumen, pada beberapa bagian mungkin pasti sulit untuk memilih slider frekuensi yang akan kita tala. Dalam situasi ini, menyesuaikan hanya volume dan panning tidak cukup, dan Equalizer dapat digunakan untuk mengatur setiap pita frekuensi untuk membuat karakteristik terbaik dari masing-masing instrumen yang paling menonjol.


Fungsi Equalizer Sound System

Equalizer termasuk dalam device audio system yang cukup diperlukan oleh para Soundman yang berfungsi untuk mengkalibrasi level tone frekuensi yang disukai dan ingin dikurangi. Selanjutnya silakan lihat fungsi dan cara kerja equalizer. Pada halaman tersebut dapat anda temui juga tentang pengembangn terbaru dari equalizer berupa LMS digital. Merek terbaru yang sering dipergunakan adalah dbx.
Pada kategori yang akan anda buka ini anda akan menemukan Equalizer type Grafis seperti : dbx, Yamaha, Behringer, Ashly dan sebagainya sebelum membeli. Anda juga dapat menemukan Equalizer ukuran mini yang sederhana untuk keperluan home audio system.


Type atau Jenis Equalizer Audio

Di bawah ini penjelasan dan penerapan tentang jenis Equalizer audio yang banyak dipakai oleh penggemar audio.

1. Equalizers Parametric

Equalizer Parametrik memungkinkan kontrol atas beberapa band frekuensi yang terpisah. Ketika high-end perlu didorong atau Low End perlu dipangkas, mengoperasikan tombol-tombol untuk bandwidth yang relevan dengan mengubahnya searah jarum jam untuk meningkatkan frekuensi, atau kebalikan arah jarum jam untuk memotong frekuensi. Ini menawarkan cara kontrol yang intuitifl. Sistim ini dapat kita temukan pada Mixer. Beberapa jenis termasuk tipe dua band (tinggi dan rendah), tipe tiga band (tinggi, menengah, dan rendah), dan tipe empat band (tinggi, menengah, lo-mid, dan rendah). The equalizers parametrik pada beberapa Mixer memungkinkan frekuensi masing-masing band untuk dapat kita sesuaikan.
Sebuah sistem equalizer tiga band yang membagi pita frekuensi ke LOW (kisaran rendah), MID (kisaran tengah), dan HIGH (kisaran tinggi).

2. Equalizer Graphic

Secara umum, Equalizer grafis yang terhubung ke output mixer untuk menyesuaikan nada suara secara keseluruhan, kadang alat ini berfungsi untuk memperbaiki atau mengurangi masalah feedback. Pita frekuensi dari Graphic Equalizer yang halus dibagi, dan slider digunakan untuk meningkatkan (dengan memindahkan slider up) atau dipotong (dengan memindahkan slider ke bawah) masing-masing rentang frekuensi.

3. High Pass Filter

Filter high pass (HPF) adalah filter yang digunakan hanya untuk memungkinkan melalui frekuensi yang lebih tinggi daripada yang akan kita atur.
Meskipun bukan sebagai bagian equalizer, namun peran dan karakteristik HPF mirip dengan cara kerja Equalizers dalam hal ini mengurangi frekuensi di bawah kisaran yang ditetapkan dengan menekan sebuah saklar. Dengan mengurangi low-range suara, filter high-pass dapat berguna dalam memotong muncul suara karena pernapasan vokal, atau menghilangkan suara bass drum yang tidak diinginkan yang mungkin dijemput oleh mikrofon saat merekam hi-hat. Sebuah HPF juga dapat secara efektif digunakan pada beberapa string, kuningan dan woodwind instrumen.


Merk-merk Equalizer Graphic Ternama yang Bagus

EQ terdiri dari berbagai merk terkenal dengan kualitas yang bagus dan harga bisa dibilang tak begitu mahal bila kita menilai manfaat dan fungsi peralatan ini. Salah satu yang paling banyak diminati misalnya Equalizer dbx dengan seri atau type yang bervariasi dengan jumlah band grafik yang terdapat di panel depannya.
Ada juga merek lain yang juga terkenal adalah EQ Behringer, Yamaha, DOD, dan juga TOA serta lainnya.

Equalizer Mini untuk Gitaris

Sementara itu musisi pemain gitar juga sangat memerlukan kehadiran equalizer mini untuk mengharmonisasikan suara gitar mereka. Equalizer ini kadang terdapat pada body gitar merka dalam bentuk grafis dalam 6 slider pengetur band frekuensi.

Tentang bagaimana setingan equalizer audio system dapat anda buka pula pada menu cara setting sound system.di situs ini. Equalizer juga bisa langsung dihubungkan dengan speaker aktif terbaik setelah melewati mixer sound system.

Demikian yang dapat kami sampaikan pada pertemuan kali ini.
Terimakasih atas kunjungan anda.