×

Merk Microphone Masjid untuk Adzan dan Imam yang Bagus

Microphone Adzan Kualitas Suara Bagus dan Terjangkau

Microphone Adzan dan Imam Masjid - Keberadaan microphone bersuara bagus sangat diperlukan pada sebuah masjid, baik masjid raya yang besar maupun Musholla sebagai tanda waktu sholat bagi kaum muslim. Kebanyakan masjid di lingkungan kita pasti mengunakan microphone dengan merk TOA kabel. Masih banyak merk microphone kabel lainnya yang dapat anda gunakan.

Microphone Adzan Kualitas Suara Bagus

Mengatur Jarak Mic dan Muadzin dengan Menggunakan Filter Mic

Kadang Muadzin yang melantunkan azan terlalu dekat antara jarak mulutnya dengan microphone, sehingga suara yang tampil di speaker akan terdengar pecah dan overload. Lama-lama kondisi ini akan membuat speaker corong di menara cepat putus. Untuk menghindari terjadinya kondisi ini maka ada baiknya kita menegur Muadzin untuk tidak menempelkan mulutnya ke mic.
Solusi lainnya adalah memberikan sekat pemisah jarak antara Muadzin dengan microphone Adzan. Microphone filter ini merupakan sekat pemisah jarak berupa besi pegas elastis yang pada ujungnya terdapat kain filter berbentuk bulat antara mic dan mulut yang menyatu dengan stand mic. Stand mic bisa menggunakan tiang mic lantai atau bisa juga tiang mic elastis yang menempel di dinding.


Mic Adzan Kualitas Suara Bagus - Merk Mic Adzan

Merk Mic Adzan Bagus - Sebenarnya kita bisa menggunakan merk mic kabel lainnya. Kami telah mencoba menggunakan merk mic lainnya selain TOA, diantranya microphone BMA, mic Nakamichi, kadang juga ada yang menggunakan mic Shure kualitas biasa atau juga yang ori, bahkan mic Sennheiser type condenser plus stand siku menempel di dinding mirip mic broadcast. Penggunaan mic ini harus jauh dengan bibir dan tak boleh menempel. Oleh sebab itu diberikan sekat jarak pemisah. Ada baiknya mic untuk Adzan ini adalah khusus untuk Muadzin atau orang yang melantunkan azan saja, dan tidak dipakai untuk keperluan lainnya. Anda harus menyiapkan mic tambahan lainnya yang terpisah, misalkan mic wireless untuk ceramah dan mic untuk mimbar. untuk menggabungkan selutuh mic maka anda bisa menggunakan mixer audio agar suara lebih bagus dan seimbang.


Microphone Masjid Khusus Imam yang Bagus

Mic imam yang bagus adalah menggunakan mic condenser. Terkadang orang menggunakan mic type dynamic yang tergantung di stand mic. Ada baiknya tidak menggunakan mic kabel dynamic ini untuk posisi jauh dari bibir. Maka gunakan mic type condenser. Menurut saya mic imam type condenser ini terdiri dari dua versi yakni menggunakan mic jepit baju dan mic stand floor.

Mic Jepit Condenser Kabel dan Tanpa Kabel

Mic Imam ini bisa menggunakan mic clip on (kabel atau tanpa kabel). Jika dana masjid anda memadai maka apa salahnya menggunakan mic Clavier jepit merk Shure wireless atau Sennheiser Wireless yang original diatas lima jutaan. Namun mic jepit wireless untuk imam juga ada yang cukup terjangkau, paling ratusan ribu. Selain wireless, kini tersedia juga mic condenser jepit kabel yang dapat anda pergunakan, misalkan mic kabel jepit merk TOA, Mic Krezt, Mic BMA. Mic kabel jepit ini memiliki panjang 7 hingga 10 meter dan memakai sebuah batere ukuran kecil.

Mic Condenser Kabel Memakai Stand Besi - Mic Zoom Jarak Jauh

Mic imam menggunakan mic kabel condenser zoom tiang mic. Mic zoom condenser kabel ini bisa anda atur dalam dua atau tiga posisi. Pemposisian ini terdiri dari dua mic dalam dua posisi, yakni posisi berdiri (stand foor lantai panjang) dan posisi sudut (stand floor pendek), bila perlu boleh tambahkan satu lagi yakni untuk posisi ruku.

Mana yang Terbaik, Apakah menggunakan Mic Zoom Condenser Kabel atau Mic Clip on Kabel

Berdasarkan uraian diatas saya sangat menyarankan pengurus masjid untuk menggunakan mic Jepit kabel saja karena suara yang dihasilkan dapat mengkaper isi ruangan masjid sehingga jemaah dapat mendengar dengan jelas sauar imam. Selain itu mic kabel jepit ini sangat terjangkau sehingga anggaran masjid bisa dipergunakan untuk keperluan lain.
Sebagai referensi untuk anda bila ingin membeli microphone yang bagus untuk masjid dapat anda lihat pada situs ini baik itu mic kabel, mic wireless dan juga mic condesnser.

Simak juga mic meeting conference meja untuk zoom meeting

Terimakasih..