×

Harga Paket Sound System Khusus Pidato di Lapangan

Harga Satu Set Sound System Lapangan

Paket sound system  - Artikel ini merupakan info sebagai contoh rekomendasi harga untuk membeli perangkat audio system lapangan dalam unit-unit yang digabungkan/ dalam bentuk paket yang bisa menjadi rujukan bagi anda yang ingin mengadakan/ membeli peralatan audio khusus area outdoor dengan kapasitas suara yang memadai dan harga relatif murah, baik yang dipasang secara permanen maupun dengan sistem bongkar pasang. Saya memberikan informasi ini dari pengalaman yang telah saya alami atau telah berproses pada kondisi yang kami hadapi. Contoh harga satu set sound system lapangan ini tergantung dari jumlah loudspeaker yang ingin anda pakai nantinya, apakah terdiri dari 2 set (4 unit) atau cuma satu set saja.

Perangkat audio yang kami gunakan lumayan mantap dan bisa mengkoper area lapangan yang cukup luas serta cukup awet dan bertahan lama. Unit-unit dalam paket ini terdiri dari beberapa gabungan peralatan sound system dan aksesoris yang di dalamnya terdapat;
  • Power Amplifier
  • Mixer Audio
  • Loudspeaker
  • Microphone Wireless
  • Kabel-kabel audio
  • Tiang Mic
  • Jack-jack
  • Aksesoris lainnya
  • (Kadang include dengan instalasi awal dan check sound)
Ada dua versi pengunaan Loudspeaker system, yaitu versi aktif speaker dan versi pasif speaker. Jika anda memilih untuk menggunakan aktif speaker maka tak perlu melengkapinya dengan Power Ampli. Namun bila pilihan anda ingin menggunakan pasif speaker, maka anda harus melengkapinya juga dengan Power Amplifier.
Unit speaker yang kami pakai secara permanen menggunakan speaker pasif sebanyak 2 set (4 unit) yang dipasang secara paralel dengan pendorong satu unit Power Amplifier. Pada pemakaian 2 set (4 buah) loudspeaker bisa didorong dengan satu unit Power ampli namun dengan impedansi menjadi 4 ohm. Jadi, kita bisa melengkapi paket ini dalam 4 buah speaker dan satu Power Ampli, tak perlu membeli dua amplifier dalam rangka menghemat dana.

Paket Speaker System Lapangan Standar - Harga dan Merk

Contoh Rekomendasi Paket Audio Lapangan dan Harganya
Contoh berikut ini merupakan gabungan beberapa perangkat audio permanen yang telah kami gunakan. Sebagaimana saya utarakan di atas bahwa sistem ini terdiri dua versi speaker yang mungkin pada proses instalasinya terpasang secara permanen maupun bongkar pasang. Contoh paket ini bisa menjadi rujukan bagi instansi pemerintah dan sekolah yang sering melaksanakan upacara.

Harga Speaker Sound System Murah

Adapun contoh rekomendasi yang bisa anda pakai adalah saya akan uraikan pada harga speaker sound system murah khusus untuk outdoor lapangan seperti terurai di bawah ini;

1. Versi penggunaan Speaker Pasif terpasang permanen

Pemakaian loudspeaker pasif yang dipasang secara permanen lebih aman dari kondisi cuaca. Pemasangan bisa ditempatkan pada area yang tak terkena air hujan secara langsung, misalkan di bawah sisi atap gedung/ flapon yang arah loudspeaker-nya menghadap ke posisi lapangan. Bila perangkat tidak dalam operasional sebaiknya ditutup dengan bahan anti air karena dikhawatirkan akan merusak daun/ membran speaker, serta juga untuk menghindari dari debu.
Adapun perangkat-perangkatnya (permanen) meliputi;
  • 2 set Loudspeaker Proel Wave 15 Passive, harga sekitar @ 4.8 juta rupiah perset
  • 1 unit Power Amplifier Yamaha P2500S, harga sekitar Rp 4.5 juta
  • 1 unit Mixer Audio Yamaha
  • 1 unit Equalizer dbx
  • 1 unit Microphone Shure Wireless (2 Mic dan 1 box receiver)
  • 1 roll kabel Speaker output
  • 10 meter Kabel Audio Canare (dibagi-bagi untuk koneksi mic, dan jumper jack antar perangkat)
  • 8 Jack Speakon
  • 8 Jack Canon
  • 2 tiang mic floor (berdiri)
  • Rack Sound system, harga sekitar 600 ribu rupiah.
  • Tambahan aksesoris berupa Audio Compressor Limiter
Contoh gambar paket audio system yang pernah kami coba
Harga Paket Sound System Lapangan
Perkiraan harga sekitar 40 jutaan

2. Versi Penggunaan Paket Speaker Aktif Multifungsi Lumayan Murah

Pemakaian speaker aktif bisa dipasang secara permanen dan juga bongkar pasang. Disamping itu pamakaian speaker ini lebih praktis dan multiguna dan juga multi tempat, asalkan tersedia listrik. Jadi kita bisa mengisntaslasinya pada tempat lain yang berbeda asalkan ada petugas operasionalnya.
Bila loudspeaker ini ingin terapkan, maka pemasangan bisa ditempatkan pada area yang tak terkena air hujan secara langsung, misalkan di bawah sisi atap gedung/ flapon yang arah speakernya menghadap ke posisi audien di lapangan. Bila perangkat tidak dalam operasional sebaiknya ditutup dengan bahan anti air karena dikhawatirkan akan merusak daun/ membran speaker, serta juga untuk menghindari dari debu.
Adapun perangkat-perangkatnya meliputi;
  • 2 set (sepasang) Speaker Huper AK15A ukuran 15 inch, harga sekitar 9 juta perset
  • Mixer Audio Yamaha
  • 1 unit Equalizer dbx
  • 1 unit Microphone Shure Wireless (2 Mic dan 1 box receiver)
  • 1 roll kabel Canare, (dibagi-bagi untuk koneksi mic, dan jumper jack antar perangkat)
  • 8 set Jack Canon (male dan Female)
  • 2 tiang mic floor (berdiri)
  • 2 unit Stand floor speaker (tripod)
  • Rack Sound system
Perkiraan harga sekitar 30 jutaan.

Penutup

Harga perangkat sound ini juga bisa dilihat di sini.
Demikian yang dapat saya sampaikan pada pertemuan kali ini, semoga anda menemukan yang anda cari.
Khusus untuk instalasi bisa anda lihat di kategori cara setting audio system di situs ini.
Nantikan update berikutnya pada informasi harga-harga peralatan sound system khusus lapangan.

Panduan/ Keterangan Perangkat Audio Utama dalam paket ini


1. Loudspeaker
Seperti yang saya uraikan di atas bahwa kita bisa memakai aktif atau pasif speaker. Untuk pasif memakai Proel Wave 15P sebanyak 2 set atau bisa juga satu set saja, satu sebelah kiri dan satu kanan. Cuma kita harus melengkapinya juga dengan Power Amplifier. Untuk spesifikasi pada penggunaan aktif speaker dengan merek Huper AK15 yang memiliki daya output perunit lumayan besar dengan harga perpasang 9 juta rupiah.

2. Mixer Audio merk Yamaha.
Khusus untuk Mixer Audio, carilah dengan jumlah channel yang agak banyak agar bila suatu saat kita mendapati acara yang memerlukan input yang banyak maka kondisinya telah siap pakai pada keadaan tersebut. Namun bila ingin yang agak murah maka anda dapat membeli dengan jumlah 4 channel input saja. Untuk merek saya merekomendasikan pada Mixer Yamaha MG166CX atau sejenis. Harga MG166Cx sekitar 4,2juta rupiah. Untuk mixer Yamaha yang agak murah dan berkualitas bisa menggunakan Yamaha MG12XU.

3. Power Amplifier.
Khusus untuk Power Amplifier, sekarang ini banyak merk terkenal dengan karakter dan harga yang bagus. Rekomendasi yang saya hadirkan adalah memakai Power merk Yamaha P2500S dengan harga 3,8 juta rupiah. Sebenarnya kami memakai Lexion CMC 3000 namun pernnah mengalami kerusakan dan telah diperbaiki.

4. Microphone.
Begitu juga dengan mic, sekarang tersedia beragam merk microphone wireless dengan merk Shure yang cukup murah karena terdiri dari 1 box receiver dengan dua mic gagang. Kalau yang agak mahal adalah Mic Shure dengan 1 mic dan 1 receiver.

5. Equalizer.
Untuk harga Equalizer dbx terdiri dari berbagai merk yang anda sukai. Model-model EQ bisa anda lihat di situs ini.

6. Connector/ Jack
Khusus jack audio Canon dan Speakon, harga standar 15 ribu rupiah perbuah, jack ori harganya 45 ribu rupiah perbuah.

7. Compressor Audio Limiter
Kegunaan alat ini membantu batas limit audio yang akan masuk ke Speaker system via Power Ampli. Alat ini cukup berperan dalam melindungi speaker dari over load sinyal audio, namun ini hanyalah sebagai pendukung saja dan kita tak musti melengkapinya.

Simak juga Paket sound system lapangan murah

Terimakasih atas kunjungan anda pada Sound System Outdoor Lapangan ini.
Nantikan update berikutnya.