Sound System Lapangan Terbaik dan Canggih Audio Bagus


Mengenal peralatan dan perlengkapan Sound system lapangan canggih - Pada artikel ini masih mengupas masalah mendasar tentang sound system khusus lapangan yang canggih atau reinforcement system outdoor. Dalam dunia audio professional khususnya pada sound lapangan outdoor tentunya banyak sekali berbagai cara untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus untuk kita dengarkan.

Sound-System-Lapangan
Pada kesempatan ini saya mencoba berbagi pengalaman dalam dunia audio ini. Audio itu sendiri pasti akan berhubungan dengan peralatan sound system.

Sound System Lapangan Terbaik

Professional Sound Reinforcement Lapangan Canggih.
Sound Reinforcement adalah sebuah sistem audio yang sangat besar dalam memperdengarkan bunyi kepada audience dalam jumlah banyak dalam kepasitas yang luas dalam suatu tempat, misal dalam live musik outdoor dan sebagainya. Sistem ini sangat profesional dalam penggunaan peralatan box speaker, Equalizer, Audio Limiter, dan Aksesoris peralatan sound lainnya. Sementara itu penggunaan peralatan audio lainnya pun sangat banyak dalam pemakaian microphone. Pada FOH Mixer tentu menggunakan jumlah channel mixer audio yang banyak, Processor, audio controller, remote Amplifier, Line Array Speaker, gate, limiter, FX, dan sebagainya. Tentu sistim ini dapat menghasilkan suara yang kuat namun halus, terdengar detail, dan dapat menjangkau luas lapangan dengan audience yang banyak dengan harga yang teramat mahal.

Sound Sistem Lapangan Terbaik Dunia - Bagaimana Mengeluarkan Audio Bagus

Para insinyur peralatan audio system lapangan terbaik dunia rela berlama-lama dalam mendesain dan menguji kehandalan sebuah sound system baru dengan menggunakan peralatan ukur yang canggih untuk mendapatkan suara yang bermutu. Yang dikatakan sebagai audio yang subyektif nantinya akan berperan aktif dalam menguatkan suara tersebut pada sound system di lapangan yang luas.

Dalam mengeluarkan audio supaya terdengar bagus pada area lapangan tentu harus memiliki beberapa kriteria di atas yang dalam penerapannya tertata sempurna dan dengan dioperasikan oleh tenaga sound-man yang bertelinga bagus dan memiliki skill yang tinggi dalam menangani audio sistem lapangan. Kadang walau memilki peralatan sound yang harganya milyaran namun bila tak didukung oleh teknisi yang jenius dan bertelinga hebat maka belum tentu mendapatkan suara yang semestinya bila ditinjua dari harga yang mahal tersebut. Sound-man atau teknisi yang terlatih adalah lebih bagus pula bila dia memiilki jiwa seni (khususnya musik dan bisa memainkannya) sehingga mengetahui karakteristik dan range frekuensi yang harus dikeluarkan dalam speaker system. Dalam hal ini seolah dia telah dapat melihat, mendengar dan membaca serta mengingat bidang frekuensi audio. Konsidi ini tentu membuatnya mudah meng-cut dan juga menaikkan suatu range frekuensi saat menata equalizing peralatan EQ, Crossing audio dan sound management lainnya. Misalkan saat menncoba check sound untuk pedal drum maka dia akan dengan mudah mengetahui apa saja tombol di Mixer dan di EQ yang perlu diseting untuk mendapatkan hentakan bass padat namun halus pada subwoofer.

Kalibrasi hitungan input output pada Speaker System Lapangan Gantung

Sound technician juga harus pandai dalam mengkalibarasi peralatan audio lain dengan memperkiraan berapa input dan output yang perlu masuk pada masing-masing sumber bunyi dan target bunyi. Perhitungan yang mantap dalam memposisikan pengkabelan yang perlu masuk ke Power Ampli serta menentukan berapa besar daya antara Power dan speaker sehingga tidak terjadi cacat audio saat diberikan tenaga yang full pada speaker system yang tergantung di lapangan.

Line Array spekaer dan Subwoofer pada sound lapangan panggung

Speaker system bisa kita tempatkan dengan metode Line Array menggunakan menara rinnging yang terpajang di depan panggung utama. Penempatan Sub woofer bersusun di bawah bawah speaker posisi riging atau berderet di bawah panggung utama. Ada juga menggunakan pola berantai pada penempatan subwoofer ini yaitu dengan menyusun ke belakang antara sub woofer satu, dua dan seterusnya. Hentakan bunyi bass pada metode ini membuat dentuman Low deef yang luar biasa karena Sub woofer di bagian belakang mendorong tendangan audio pada subwoofer di depannya. Untuk pemposisian Subwoofer terkadang para tehnisi menerapkan metode looping berantai yaitu menyusun berderet ke arah belakang masing-masing box Sub woofer.

Demikian yang dapat saya sampaikan.

Simak juga  : Sound System Lapangan Gantung - Speaker Line Array Rigging


Terimakasih atas kunjungan anda pada halaman Sound system lapangan
Nantikan update berikutnya.


Share this :

Artikel Terkait: