Harga Kabel Speaker Sound System untuk Audio Bagus


Harga Sound System - Pada sound system lapangan pasti memerlukan kabel speaker dengan karakteristik yang bagus baik memakai Active speaker maupun Passive speaker. Di bawah ini kita dapat mengetahui bagaimana karakter dan bahan-bahan kabel khususnya Kabel Speaker.

Ada dua jenis kabel speaker yakni berdasarkan alur sinyal menuju speaker, yakni

  • Kabel speaker untuk sinyal audio memakai active speaker atau kabel speaker aktif
  • Kabel speaker memakai Passive speaker, atau kabel speake pasif
Bila anda memakai type speaker aktif maka anda menggunakan kabel sinyal audio Balance (atau Unbalance). Kabel Audio untuk active speaker ini ada bermacam mereka, yang banyak digunakan adalah Canare.
Sementara bila anda menggunakan type speaker pasif (memakai Power Ampli), maka anda menggunakan kabel speaker yang mirip kabel listrik berserabut. Kabel ini ada yang berbentuk transparan yang dikoneksikan dari output Power Amplifier menuju ke Speaker System.


Harga Kabel Speaker System Lapangan

Memilih kabel speaker untuk kebutuhan sistem hi-end pada passive Speaker maupun home theater termasuk lumayan susah. Namun ada beberapa poin yang dapat menjadi patokan dalam memilih kabel speaker yang cukup bagus untuk audio system lapangan pada umumnya dan jika Anda dihadapkan pada beberapa pilihan dengan ukuran dan kualitas yang agak mirip.

1. Kabel Speaker Transparan dan Harga

Biasanya bahan baku perak menyebabkan suara terdengar terbuka dan lebih spesifik. Kabel yang bagus belum tentu mahal. Sebaiknya saat menginstalasi sistim audio (pada passive Speaker) maka kabel yang kita hubungkan tidak terlalu panjang atau kalau bisa sependek mungkin dari power Amplifier. Kalaupun anda mempunyai kabel yang berkualitas bagus (dengan bahan perak atau emas, mungkin) maka itu tak jadi masalah bila kabel yang kita sambungkan cukup panjang dari Power Ampli.

Kabel Speaker Sound System

Memilih Jenis Ukuran Kabel Speaker Berkualitas

Banyak kabel audio speaker untuk device system lapangan dengan harga mahal. Untuk memilih kualitas kabel speaker yang baik maka dapat kita lihat seberapa besar pengaruhnya bila kabel speaker tersebut dikoneksikan ke speaker dengan jarak yang panjang, tentu harus diperhitungkan juga berapa besar impedansi serta hubungan faktor tersebut terhadap kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker.
Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa kabel speaker yang bagus adalah kabel yang dijual dengan harga yang mahal serta memiliki spesifikasi tertentu. Ada hal yang membuat sebuah kabel speaker berkualitas sering diangga sepele. Ada juga yang berpikir mengapa tidak memakai kabel listrik saja, bukankah sama-sama kabel.

Bahan Kabel Audio Speaker yang Berkualitas untuk Sound Sistem Lapangan

Kabel audio speaker sound sistem lapangan yang berkualitas baik yang kia gunakan untuk speaker system (aktif maupun pasif speaker) terlihat dari bahan insulin berupa serat tembaga dan dilapisi aluminium foil serta serat benang. Bahan Kabel audio yang bagus terbuat dari tembaga, perak, malahan dari emas, serta dari jenis metal lainnya yang memiliki daya hantar (coefficient) tinggi. Bisa juga dilihat dari mereknya serta teknologi yang digunakan. Perlu diingat bahwa desain kabel juga mempengaruhi kualitas. Kabel speaker yang bagus dapat menghantarkan dinamika suara serta memberikan kesan (nuansa) hidup pada sistim audio yang terdengar oleh kita.

Harga Kabel Speaker Pasif Transfaran

Untuk harga kabel speaker ini tergantung kualitas bahan berupa tembaga murni atau campuran. kadang orang memakai kabel listrik untuk menyambungkan output dari ampli ke speaker system.

Merakit Kabel Speaker Sound System

Ada dua teknik penyambungan dalam merakit kabel speaker, ini tergantung jenis Speaker yang anda gunakan, apakah speaker aktif atau speaker pasif. Antara penggunaan kabel audio pada active speaker dan passive speaker pasti berbeda dalam bentuknya. Penyambungannya pun berbeda.

2. Kabel Sinyal Audio - Kabel Speaker Aktif

Kabel ini memiliki alur di dalamnya berbentuk serabut yang berisi 3 alur kabel berwarna yang terbungkus dengan serabut. Kabel ini ada yang berisi 2 alur (Unbalance) yang hanya mengirim satu fase sinyal audio positif dan grounding, ada juga yang berisi 3 alur (Balance) yang dapat menghantarakan 2 fase sinyal audio positif, negatif dan grounding. Gunakanlah kabel sinyal audio ini yang berisi 3 alur kabel atau balance agar sinyal audio yang dikirimkan ke Speaker aktif atau input amplifier tidak mengalami noise dan distorsi.
Untuk harga kabel sinyal audio misalnya dengan merk canare ada yang memeliki kualitas paling bagus dengan harga bisa mencapai Rp 45000 semeter, kalau per roll bisa diatas dua juta rupiah. Ada juga versi harga yang murah yang cuma lima ribuan hingga 15 ribu rupiah permeter.
Sebelum bisa digunakan maka anda harus melengkapinya dengan Connector TRS atau memakai jack Cannon Balance dengan cara menyoldernya terlebih dahulu.

Sound system mobil juga memerlukan kabel audio untuk menghubungkan antara Player dengan Power Amplifier. Simak juga harga audio mobil.

Demikian uraian tentang harga kabel speaker khususnya kabel audio

Demikian yang daat saya sampaikan pada artikel tentang harga sound system berupa kabel audio ini.
Terimakasih atas kunjungan anda.


Share this :

Artikel Terkait: