Apa yang Dimaksud dengan Sound System dan Fungsinya


Peralatan Sound System - Nama sound system sudah tak asing lagi bagi pendengaran kita dan sebuah istilah yang sudah umum dipakai dalam keseharian kita. Bila didefinisikan secara global makna sound system adalah perangkat untuk menguatkan suara agar jangkauan suaranya terdengar oleh pihak lain dalam jarak tertentu. Sekarang ini untuk menyampaikan sebuah informasi suara agar dapat didengar oleh orang lain dalam jangkauan dan lingkup tertentu. Agar informasi suara bisa terdengar oleh banyak orang maka dibutuhkan pengeras suara berupa sound system. Kebutuhan pemakaian sound system ini bisa diterapkan pada halaman terbuka (Outdoor) maupun di dalam ruangan (Indoor).

Pengertian Sound System

Sound system merupakan sistem perangkat elektronik untuk mengolah sinyal suara dan meningkatkan level suara sehingga terjadi kelipatan Gain suara yang kemudian diterjemahkan atau disalurkan ke bagian Loudspeaker sehingga terdengar kembali oleh telinga dengan kekuatan suara yang telah meningkat.
Sinyal suara bisa berasal dari satu atau lebih sumber bunyi yang tercampur dalam satu perangkat pengeras bunyi. Sinyal suara ini bisa diatur tingkatan bunyinya menurut kapasitas ruang dan audience sehingga informasi bunyi tersebut bisa ditangkap oleh telinga.
Informasi sinyal suara ini bisa berasal dari beberapa sumber seperti vokal kita serta ditambah dengan peralatan bunyi lainnya yang bisa didengar bersamaan. Untuk menangkap sumber Vokal dibutuhkan sebuah input transducer berupa Microphone dan juga spool guitar. Pemprosesan sinyal audio pada sound system ini kemudian diolah oleh perangkat audio berupa Audio processor, misalkan Equalizer dan sebagainya.

Bagian Utama Peralatan Sound System


Bagian utama dalam peralatan sound system akan kami urai secara spesifika untuk memudahkan pencarian anda. Adapun bahasan kita akan mengupas kategori berikut
  • Microphone
  • Mixer sound system
  • Equaliser
  • Power Amplifier
  • Speaker System
  • Aksesoris sound system lainnya

Pengenalan prinsip kerja sound system

Ada beberapa hal mendasar yang menjadi prinsip kerja sound system dalam mengolah sinyal audio sehingga terjadi penguatan suara.
Pengenalan prinsip kerja sound system dalam hal ini terjadinya proses penguatan sinyal suara pada sound system terdiri dari beberapa fase tingkatan kerja yang disebut signal chain. Pergerakan input sinyal hingga sampai ke pendengar terdiri dari tautan rantai sinyal pada sound system, yaitu;
Penentuan Source atau sumber bunyi - suara kita
- gitar
- orgen tunggal (keyboard)
- dll

Input Transducer (penangkap sumber bunyi)
- Microphone
- Guitar Spool
- Pre Amp Out, misalnya pada Laptop, PC, Keyboard, Ponsel jack speaker

Pengolah Utama sinyal audio (Audio Signal Processing)
- Mixer / Pre Amplifier
- Power Amplifier

Alat proses tambahan lain:
- Equalizer
- Audio Compressor
- Sound FX
- Crossover
- Audio Distributor

Output Transducer
- Loudspeaker (Speaker) terdiri dri Active dan Passive Speaker
- Horn Drive

Penggunaan perangkat sound system ini banyak ditemui dimana saja, salah satunya mungkin ada di rumah anda, di fasilitas tempat ibadah, di mall, di lapangan terbuka saat ada event tertentu dan lainnya.
Mungkin anda sering ke tempat hiburan keluarga berupa Karaoke. Di dalamnya sudah terdapat fasilitas Audio yang meliputi Microphone, Mixer, Equalizer, Big Power Amplifier dan 3 way Speaker System.

Pengoperasian Sound System

Dalam perangkat sound system terdiri dari beberapa perangkat pengolah bunyi (seperti yang diterangkan di atas) yang sudah di-packing menjadi sebuah perangkat Compact yang disebut Speaker System atau sound sistem praktis. Compact speaker system ini biasanya sudah meliputi microphone, cassette deck player, amplifier dan speaker yang telah menjadi satu unit perangkat/ kabinet.
Pada pengolahan sound system untuk live musik dan juga recording maka dibutuhkan sistim pengoperasian yang professional, jadi dibutuhkan orang yang memiliki skilldi bidang ini.

Perangkat Sound System Praktis

Perangkat ini ada yang berupa Compo Deck, Speaker Portable, Speaker Monitor Amplifier untuk Giutar, DVD palyer pada Car sound system (mobil sound system) dan lain-lain. Perangkat ini mudah dalam mengoperasikannya, kita hanya menghidupkannya dan memutar volume suara, mengatur bunyi bass dan trebel yang kita inginkan. Jadi, dengan kata lain semua orang pasti bisa mengoperasikannya,
Perangkat speaker portable sederhana bisa dioperasikan oleh orang dan tak memerlukan sklill khusus, yang penting perangkat ini bisa mengeluarkan audio di speaker serta suara mic tidak terjadi feedback.

Sound System Professional/ Reinforcement

Dalam mengoperasikan perangkat ini terutama untuk live musik (konser) maka dibutuhkan orang yang benar-benar memahami tentang cara kerja sound system dan sistim dalam sound. Skill yang mereka punya berdasarkan pengetahuan dasar sound system dan pengalaman dalam mengoperasikan perangkat ini serta meraka harus memiliki telinga yang cemerlang. Orang yang bisa mengoperasikan perangkat ini biasanya lazim disebut Operator sound system atau tehnisi (technician). Beda lagi dengan Sound Engineering, dan di bawah ini kita dapat mengetahui perbedaan keduanya.

Pengertian Sound Engineering

Orang yang benar-benar menguasi hal terkecil dari aspek Electronic Audio kita sebut Sound Engineering. Tentu mereka memiliki pendidikan khusus tentang electronic. Tugas Sound Engineering adalah merancang sebuah paket peralatan sound system dengan berdasarkan teori dan hitungan matematis yang detil sehingga menjadi sebuah perangkat audio yang bermutu. Biasanya mereka bekerja di pabrik pembuat sound system handal.

Pengertian Operator sound system

Operator Sound System

Operator sound system selalu hadir dalam menjalankan sistim operasi peralatan sound system. Operator bertugas sebagai orang yang mengoperasikan sistim pengolahan audio dan juga akustik suara. Mereka memiliki pengetahuan khusus yang berperan dalam dalam bidang Mixing, Balancing, Processing, Grouping dan pendistribusi suara (ini berdasarkan pengalaman saya yang juga sebagai sound-man).
Operator Sound System belum tentu mahir dalam hal Sistim Analisis Audio. Berkat operatorlah semua sistim kerja peralatan sound sistim befungsi secara maksimal dengan suara yang sempurna. Ibarat pepatah dari teman yang mengatakan bahwa operator adalah sebagai pembalap handal yang pandai dalam melajukan kendaraan dengan sangat hebat.

Sound Technician, mereka yang ahli ini sangat terlatih baik skill maupun pendengaran yang sempurna. Bila ditemui kendala saat sound dioperasikan. Mereka akan bisa memperbaiki kerusakan yang dialami saat itu. Orang-orang yang terlibat dalam perangkat sound system kita sebut Sound-Man atau kru sound

Apa saja yang Terdapat di Perangkat Sound System

Nanti kita akan mempelajari/ membahas tantang apa saja perangkat sound system dan fungsi-fungsinya. Kita harus bisa memahami apa saja peralatan Audio dan juga fungsinya dan harus bisa menyetingnya dengan benar agar bisa didapati suara yang bermutu. Teruslah menyimak halaman ini secara berkelanjutan.
di sini kami mengajak anda untuk melihat prinsip kerja peralatan sound system

Penutup
Bila anda ingin bertanya atau memberi saran kepada saya tentang maksud Sound System dan fungsinya, silakan untuk memberikan pertanyaan seputar peralatan dan perlengkapan Sound System serta masukan yang semoga bermafaat bagi kita semua.
Sampai jumpa pada artikel mendatang.


Share this :

Artikel Terkait: