×

Menggabungkan Dua Channel (Bridge) pada Satu unit Power Amplifier

Menggandakan Power Output Channel pada Amplifier Menjadi Daya Dorong Dua Kali Lipat

Sebagaimana yang pernah saya utarakan pada artikel sebelumnya tentang harga dan merk power amplifier dalam uraian daya output 10 KW maka pada kesempatan ini kami mencoba membahas tentang bagaimana cara menggabungkan dua channel pada power amplifier (istilahnya : BRIDGE) sehingga memperoleh tenaga dorong yang besar hingga dua kali lipat (dalam satuan RMS, bukan PMPO)
Perlu kita ketahui bahwa sebuah Power Amplifier telah didesain oleh pabrik dalam kondisi Stereo (dua channel) yakni channel 1 dan Channel 2, atau CH A dan CH B atau CH LEFT dan RIGHT. Masing-masing Channel memiliki daya output yang sama antara CH-1 dan CH-2. Misalkan pada channel 1 sebesar 1000 Watt maka Channel 2 juga 1000 Watt. Tiap Output Channel pasti terhungung ke satu jalur speaker system pada posisi sebelah kiri dan channel satu lagi di sebelah kanan FOH panggung musik. Kadang satu channel ini mampu mendorong speaker system hingga dalam impedansi 2 ohm (paling terkecil). Secara teoritis, semakin kecil impedansi speaker maka hasil output suara akan semakin besar. Kewaspadaan anda sangat dituntut dalam kondisi ini karena Power amplifier anda akan cepat panas bila dibunyikan secara kontinyu. Standar pabrik adalah merekomendasikan kepada kita untuk menerapkan output pada posisi 8 ohm, namun mereka memperbolehkan kita untuk mengaplikasikannya menjadi 4 ohm tiap channel output.


Bridge Power Output Channel Amplifier

Produsen amplifier ternama juga telah mendesain sebuah seri power amplifier supaya bisa kita tingkatkan daya output-nya hingga menjadi dua kali lipat. Dalam istilah tehnik disebut Bridge, artinya adalah kita telah merubah ampli stereo ini menjadi output tunggal atau Mono. Jadi satu unit ampli ini hanya menyalurkan satu kabel output menuju ke 1 set speaker system full-range atau Subwoofer (dalam impedansi minimal 4 Ohm). Sementara input audio juga cuma menerima satu jumper input dari Mixer FOH control.

Bagaimana Memperbesar Daya Output Power Amplifier dalam Satuan RMS

Pastikan terlebih dahulu power amplifier yang anda miliki memliki fasilitas tombol BRIDGE selector. Lihat buku panduan tentang merk power amplifier terbaik yang anda miliki tersebut. Bila Power ampli anda memiliki tombol bridge tersebut maka ampli anda bisa diseting dan digabungkan atau digandakan daya output-nya menjadi lebih besar. Nampak dalam gambar terlihat ulir garis kabel merah (Positif) dan kuning menuju ke speaker system. Warna merah menuju ke (+) speaker dan kuning  menuju ke (-) speaker. Kemudian pindahkan saklar selector yang bertuliskan [STEREO - BRIDGE - PARALLEL] dan arahkan posisinya ke Bridge. Untuk posisi Jack input dan Level Volume akan aktif biasanya pada jack cannon channel A. (untuk lebih jelas baca buku panduan anda). Lakukan hal yang sama pada power ampli pada posisi sebelahnya pada panggung FOH.

Contoh Konfigurasi Ampli Mode Bridge dalam Daya Output dan Impedansi Speaker

Sebagai contoh kita lihat power Amplifier Yamaha P5000S.
Disisni kita lihat sistim konfigurasi daya output pada sebuah Power Ampli Yamaha P5000S. Konfigurasinya dapat kita uraii sebagai berikut

  • Mode Stereo (dua channel) standar 8 ohm speaker masing-masing adalah 525 watt, total 1050 W RMS
  • Mode Stereo (dua channel) dalam 4 ohm speaker masing-masing adalah 750 watt, total 1500 W RMS
  • Mode Bridge pada posisi 4 ohm speaker dapat mengeluarkan daya output 2600 watt RMS
  • Mode Bridge pada posisi 8 ohm speaker dapat mengeluarkan daya output 1500 wat RMS

Dari uraian diatas maka satu unit ampli Yamaha seri P5000s ini (sebagai contoh saja) hanya dapat mengeluarkan daya output maksimal sebesar 2600 Watt dan itu dalam konsidi speaker 4 ohm pada satu posisi front panggung kiri. Sementara itu kita harus mempunyai satu unit Yamaha P5000s lagi untuk posisi front panggung sebelah kanan. Total keseluruhan pada dua unit power ini adalah sebesar 2600 watt (front speaker kanan) + 2600 Watt (front speaker kiri) = 5200 watt RMS.

Jadi untuk mendapat nilai daya out 10000 watt kita harus mencari satu unit power ampli dengan daya output Bridge sebesar 5000 watt (2500 watt per channel) per posisi Front speaker system only.. Berarti anda harus menyiapkan dana lebih dari 30 juta rupiah hanya untuk satu paket power 10000 hingga 20 KW.

Demikian uraian yang dapat saya hadirkan untuk anda. Mohon maaf bila penyampaiannya kurang detil dan terdapat kekeliruan.

Kembali ke menu Power amplifier yang bagus dan bermutu.
Terimakasih.