×

Menyolder Kabel Jack Audio yang Benar dengan Solder Listrik

Sebagaimana diterangkan pada kategori halaman ini bahwa situs tak hanya menginformasikan tentang harga solder saja, namun juga banyak menyadurkan beragam ilmu praktisi yang terkait dengan teoritis sound system berdasarkan pengalaman pribadi, namun saya juga ingin menjadi teman tentang cara menyolder yang bagus dan rapi bahkan juga sharing bagaimana merakit sound system karya tangan sendiri.

Cara Menyambung Kabel Jack Audio dengan Solder Listrik


Artikel cara menyolder ini merupakan bagian terpenting dalam dunia sound system khususnya bagaimana menyambung kabel audio ke konektor dengan solder listrik. Kawan-kawan yang berproses di bidang audio harus bisa menyolder dan mungkin merakit atau memperbaiki sound system, apakah itu amplifier, mixer, equalizer dan lainnya. Tentu kita harus bisa menghubungkan kabel audio ke jack dengan cara menyolder kedua piranti ini agar bisa terkoneksi dengan benar dan dapt berfungsi dengan baik nantinya. Dalam sound system rakitan pasti kita semua membutuhkan solder dan tahu cara menyambungnya.

Menyolder Kabel Jack Audio

Solder Listrik yang Bagus dan Harga


Sebelum menyolder kabel dan jack ini maka anda harus tahu terlebih dahulu tentang karakteristik solder yang bagus. Solder yang bagus ditentukan oleh ujung mata pakunya (tip solder) yang anti korosi atau berkarat sehingga timah mudah lekat dan mudah mencair. Apabila ujung mata solder ini berkarat tentu amat sulit bagi kita untuk mencairkan timah solder karena terhalang oleh kororsi yang akan menjadi penghalang titik cair timah. Terkadang anda harus menggosok atau mengasah ujung mata solder ini terlebih dahulu agar timah mudah menyatu dengan ujung mata paku solder ini. Apabila timah sudah menyatu dengan ujung mata solder ini maka akan mudah bagi kita untuk merekatkan patrian kita berupa ujung kabel dengan pin/ kaki jack.
Untuk menyolder kabel dan jack audio paling tidak kita membutuhkan solder listrik dengan daya 30 watt atau 40 watt. Merk Solder 30 watt ini bermacam-macam namun yang bagus adalah solder Goot. Harga solder ini tergantung kapasitas daya panas yang akan dikeluarkan dalam satuan watt. Harga solder 30 Watt merk Goot asli sekitar 200 ribuan rupiah keatas. Harga standar untuk solder 30 atau 40 watt ini sekitar 60 ribuan. Namun sekarang juga banyak solder yang murah namun ujung tip soldernya kurang lengket dengan harga antara 15 ribu hingga 30 ribu rupiah. Jika kita memakai solder yang bagus maka kita tak perlu mengasahnya dengan pisau, lantai atau ampelas, kita hanya membersihkan timah pada ujung tip solder ini dengan spoon khusus untuk solder.

Menyolder Kaki Connector dengan Kabel Audio


Sekarang kita beralih ke bahasan kita tentang menyolder kabel jack audio ini. Lebih lanjut saya juga akan menginformasikan nama-nama Jack audio dan urutan kakinya, yakni mana fase positif, fase negatif dan grounding agar hasil suara pada sound system terdengar sempurna. Untuk menyambung antara kabel dengan pin connector anda harus tahu urutan kaki yang akan anda hubungkan yaitu mana posisi sinyal audio positif dan mana yang ground.
Dalam dunia audio banyak sekali model jack audio antara lain adalah Jack Cannon, Jack TR dan TRS, Jack RCA dan sebagainya. Masing-masing mempunyai urutan penomoran kaki berdasarkan koneksi balance dan unbalance. Koneksi unbalance hanya terdapat pada pemakaian pada Jack TR atau Phone dan RCA. Sementara untuk Jack Cannon dan TRS, anda bisa memakai sistem koneksi Balance dan Unbalance namun lebih bagus bila memakai koneksi Balance agar terhindar dari noise dan distorsi saat kita memakai alur kabel audio yang cukup panjang.
Pastikan juga ujung kabel dan kaki jack harus bebas korosi dan debu agar timah mudah merekat.

Catatan
Perbincangan kita untuk bahasan ini tak mungkin harus saya tulis penuh disini, dan saya akan membagikan menjadi beberapa kategori terpisah. Oleh sebab itu terus menyimak bahasan ini selanjutnya pada pertemuan mendatang.

Kesimpulan
Jadi untuk menyolder yang mudah dengan hasil yang bagus itu tergantung dengan Tip Solder (ujung mata paku solder). Sebelum menyolder peralatan yang akan kita patri adalah dengan membalut atau merekatkan terlebih dahulu ujung Tip Solder dengan Timah Solder baru memulai penyambungan kabel dan jack audio. Bila ujung Tip solder ini tak licin dan bebas korosi maka akan sulit bagi kita mencaikan timah solder.

Terimakasih atas kunjungan anda.