Membuat Power Amplifier Rakitan Bagian 2


Belajar Merakit Power Amplifier Bell Rakitan


Rubrik ini dikhususkan bagi teman-teman yang memiliki pengetahuan tentang elektronika. Bila anda akan merakit Power Amplifier yang bisa anda lakukan pada papan PCB yang anda buatkan sendiri atau bisa juga pada PCB berlubang. Sekarang ini kita dapat menemukan berbagai macam Kit modul PA produk Bell atau Sanken dengan berbagai ukuran dan kapasitas daya yang dikeluarkannya. Kit PA Bell ini juga terdiri dari modul Mono dan juga Stereo. Biasanya modul Mono memiliki kapasitas Gain yang besar, bisa diatas 500 watt per-channel (L dan R), berarti kalau dua modul(stereo) dapat mengeluarkan daya kurang lebih 1000 W. Dahulu saya juga sudah pernah mencoba merakit PA dari tabung (PA Tube), ini memerlukan tegangan yang besar (500 V) untuk menghidupkan Anoda (Plate) tabung.

Cara Merakit Ampli 1000 W (2 x 500 W)


Artikel ini adalah melanjuti topik sebelumnya yakni tentang merakit power amplifier lapangan. Jika anda akan membuat sendiri power ampli dengan daya output yang besar tentu memerlukan komponen yang banyak dan trafo yang besar juga. Semakin besar daya output yang anda inginkan (misalnya 400 Watt, 500 W hingga 1000 W) dalam merakit PA ini tentu akan semakin besar anggaran yang anda keluarkan. Berikut persiapan yang anda lakukan sebelum membuat sound system rakitan anda.

Merakit Power Amplifier Bell Rakitan

Proses Instalasi dan Perakitan Power

Setelah peralatan atau komponen diatas sudah anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah proses menempatkan kedudukan atau posisi sirkuit PCB. Misalkan kita harus meletakkan dimana posisi Tranformer, dimana harus menempatkan Kit PCB PA, PCB Elco, PCB Regulator, PCB Speaker protektor dan lainnya.

Tools kit yang dibutuhkan dalam merakit PA ini adalah anda memerlukan Bor listrik denagn mata bor berdiameter 2,5 mm dan 3 mm, peralatan solder, timah solder dan lainnya. Penempatan posisi dari masing-masing komponen sangat diperlukan dalam kerja Power Ampli kita.

Untuk pemasangan kipas angin (blower) harus usahakan agar angin berhembus ke arah luar, tujuannya adalah agar panas yang terjadi pada komponen (misal transistor yang menempel di heatsink) tidak mengalami panas berlebihan.

Bila posisi sudah pas menurut anda, maka langkah berikutnya adalah membaut dudukan trafo, heat-sink serta dudukan posisi PCB Kit Modul PA, dan lainnya. Tempatkan posisi saklar Power, Konektor Speker out, Jack RCA input dan lainnya.

Bila anda ingin menggunakan dan menempatkannya PRE AMP tone control pada posisi satu box yang sama, maka anda harus menjauhkan sirkuit ini dari rangkaian Power Suplai khususnya trafo agar dapat mengurangi terjadinya humming. Sebagai solusi, anda dapat melapisi sirkuit Pre Ampli tone cdontrol ini dengan almunium foil yang anda rekatkan pada jalur patrian PCB, harus dihubungkan ke grounding. Untuk koneksi kabel pada blok pre amp ini gunakan kabel coax yang bergrounding.

Distribusi Regulator Catu Daya


Power Supplai harus anda rakit dan anda ukur voltage-nya. Kit PA modul terbaru biasanya memiliki sistim catu daya simetris, ini artinya memiliki 2 keluaran output voltase dan grounding yaitu (+), (-) dan netral (0 volt). Bila kurang paham coba lihat yang ini. Power audio rata-rata memerlukan voltase antara 30 volt sampai 100 volt, tergantung daya yang dikeluarkannya. Kalau anda merakit yang mengeluarkan daya di bawah 300 W (150 W x 2) maka hanya memerlukan tegangan kurang lebih 2 x 32 V (+32 VDC dan -32 VDC). Untuk tegangan Pre Amp tone control memerlukan tegangan 2 x 15 V DC maka diperlukan regulator pengurang dan juga berfungsi sebagai penstabil tengangan lisstrik dengan menggunakan IC type LM7815 dan LM7915.

Langkah Pengetesan Power Audio System


Bila anda sudah merakit dengan sempurna seluruh sistim komponen catu daya dan sirkuit lainnya, maka langkah selanjutnya adalah pengecekan koneksi pengkabelan. Kondisi ini perlu diteliti ulang apakah masih terdapat kesalahan penyambungan. Kondisi yang perlu anda teliti benar adalah melihat kembali sambungan jalur dari masing-masing kabel dari Power Supply apakah terbalik atau tidak, lihat apakah arah kabel positif dan negatif sudah berada pada posisi jalur PCB PA yang benar. Pada kit modul biasanya sudah diberi tanda tulisan (+), (-), Out to speaker, Input Audio, dan lainnya. Bila anda sudah yakin tidak ada lagi yang keliru, maka langkah selanjutnya adalah melakukan step berikut ini dan bagaimana cara menseting audio system anda;
  1. Siapkan multitester, atur pada posisi AC 10
  2. Hidupkan Sirukit Power Ampli anda dan jangan menghubungkan dulu dengan unit speaker
  3. Pasang test probe AVO meter, merah ke OUT SP (L) atau CH 1 OUT, Probe warna hitam ke Body
  4. Lihat apakah ada tegangan yang keluar, pada kondisi ini harus dalam keadaan 0 V (jarum tidak bergerak sama sekali), namun bila jarum AVO meter bergerak penuh ke kanan berarti perangkat anda terjadi kesalahan, test pada jalur sebelahnya, lihat kondisi jarum apakah bergerak atau tidak. Bila jarum dalam keadaan bergerak ke kanan maka anda perlu mengecek ulang komponen dan sambungan pengkabelan pada perangkat anda. Bila kedua OUT ini diukur dalm kondisi sudah bagus (0V) maka anda boleh melanjutkan ke langkah berikutnya
  5. Buka Level Audio (volume input) pada jalur kiri (L) atau CH 1 IN
  6. Sentuh dengan tangan anda pada saluran Input Audio pada jalur kiri (L)
  7. Lihat posisi jarum multi-tester akan bergerak mengikuti kondisi putaran Level Volume.
  8. Set pada Channel 2 (jalur (R)) sama dengan di atas.
  9. Periksa apakah ada komponen pada heat-sink yang mengelurkan panas berlebihan, bila sudah aman lalu matikan PA rakitan anda.
  10. Hubungkan OUT SP ke Speaker anda. Sesuaikan polaritasnya, merah bertemu dengan positif, hitam ke negatif
  11. Pasang musik kesukaan anda pada Input audio, atur level sedikit-sedikit.

Total Harga untuk Power Amplifier Rakitan


Untuk membuat Power Ampli yang diuraikan diatas ini tergantung seberapa besar daya output dan juga mutu atau kualitas peralatn elektronik yang kita pakai, terutama Transformer. Namun saya pernah membuat peralatan power Amplifier ini dengan dua susun kotak terpisah antara bagian Power dan bagian Pre-amplifier kurang lebih telah mengeluarkan dana sekitar 2 jutaan. mungkin beda di tempat anda.

Semoga hasil karya anda ini bisa dimanfaatkan untuk sound system outdoor.
Selamat berkarya, semoga sukses. Jangan lupa simak juga menyetel yang bagus Equalizer Audio. Di halaman ini anda bisa juga melihat merk bermutu dan kualita bagus.

Terimakasih telah membaca situs ini.


Share this :

Artikel Terkait: