×

Cara Setting Amplifier TOA ZA-2240 untuk Sound Masjid

Cara setting sound system masjid yang bagus bagian 3- Melanjuti artikel sebelumnya yakni ulasan tentang bagaimana cara setting Amplifier TOA ZA-2240 terbaru dengan daya lebih besar dari versi lawas. Power Amplifier TOA ZA-2240 ini tidak memiliki input mic seperti pada ampli model lama namun hanya terdapat port input LINE In Balance yang memakai baut untuk pemasangannya. Ampli TOA ZA-2240 terbaru ini didesain khusus untuk menggunakan mixer audio. Karena berdaya lebih besar dan berat dari TOA model lama, maka seri ZA 2240 atau P-2240 ini boleh kita sebut sebagai Power Amplifier TOA.

Cara Setting Amplifier TOA ZA-2240 untuk Sound Masjid

Cara Memasang Kabel Line Input Amplifier TOA ZA-2240 ke Mixer Audio - Bagian 3

Input Line in Amplifier TOA ZA-2240 ini terdiri dari 3 buah baut yang diberi nama input (+) atau HOT, input (-) atau COLD, dan Netral (Ground Shielding). Pemasangan kabel input bisa menggunakan kabel audio Balance (ganda) atau Unbalance (tunggal), Audio balance maksudnya adalah input 2 phase yang terdiri dari input Positif (+), input Negatif (-) dan Netral (Grounding). Sedangkan input tunggal (Unbalance) hanya terdiri dari input Positif (+) dan Grounding saja. Kabel input Balance terdiri dari 2 utas kabel berwarna dan ulir serabut pembungkus (shielding) dan saat penyambungannya ke Jack terdiri dari 3 sambungan penyolderan. Jadi disini anda bisa menggunakan dua versi penyambungan kabel input ke Port Terminal ampli TOA ini, yakni Balance dan Unbalance.


Koneksi Sambungan Balance Pada Terminal Line input TOA ZA-2240

Saya menyarankan untuk menggunakan koneksi kabel Balance menuju ke mixer audio karena hasil audio lebih baik dan penuh dari pada menggunakan satu polarisasi input. Cara memasang atau mengkoneksikan kabel input ke connector Cannon atau Phone Stereo (Jack TRS). Cara enyambungan kabel ke Jack ini adalah sebagai berikut;

  1. Gunakan kabel audio Balance Canare dua warna (misalkan warna merah dan putih) plus serabut grounding, jadi seluruhnya terdapat 3 utas kabel. Solder masing-masing ujungnya.
  2. Sambungkan dan solder ujung kabel berwarna merah (sebagai Positif) ke posisi No 2 Jack Phone TRS/ Cannon, sementara itu ujung yang satu lagi ke posisi baut Line in Positif (HOT) Ampli TOA
  3. Sambungkan ujung kabel berwarna putih (sebagai Negatif) ke posisi No. 3 Jack TRS/ Cannon, kemudian ujung satu lagi ke baut Line input Cold (-) Ampli TOA
  4. Sambungkan ujung kabel berserabut (sebagai arde) ke posisi No.1 Jack Cannon/ Phone TRS, kemudian ujung satu lagi ke grounding Ampli TOA

Koneksi Sambungan Unbalance Pada Port Line in TOA

Anda bisa menggunakan sambungan Unbalance (satu kabel plus shielding arde) pada input Ampli TOA ini dengan cara menempatkan kabel tunggal satu warna (mungkin yang anda miliki berwarna merah, putih atau biru) ke posisi HOT (+) dan ulir serabut ke posisi Netral plus Cold (-) digabungkan (diparalel). Jadi kutup Negatif (Cold) digroundingkan. Jack yang anda gunakan disesuaikan dengan Jack mixer anda, misalkan Jack RCA atau Jack Phone Mono (Jack TR)

Selanjutnya silakan anda baca : cara menggabungkan Ampli TOA ke Mixer sound system.


Menyambung Output Power Ampli TOA ZA-2240 ke Speaker System

Jika anda menggunakan 2 ampli TOA ZA-2240 dengan type yang sama, maka anda dapat memparalelkan antar Port Input/output mereka. Ampli TOA ini memiliki port Output sebagai Looping antar Input/ Output rmereka. Namun kondisi ini anda terapkan pada satu alur sinyal audio dalam distribusi yang sama, misalkan menuju ke speaker system yang anda punya. Sebagai contoh speaker Horn (corong) di menara kiri dan kanan atau speaker menara atas dan bawah.


4 Speaker TOA Corong Menara (Paralel) untuk Satu Amplifier

Mungkin saja masjid anda terdapat dua menara, dan tiap menara terdiri dari 4 Horn speaker. Tiap 4 speaker TOA corong ini menuju ke satu Power Amplifier TOA ZA-2240 masing-masing. Beri label nama pada tiap ampli TOA ini sebagai petunjuk untuk menuju ke speaker corong menara yang mana. Misalkan bertuliskan : Ampli untuk menara A, dan satu lagi bertuliskan : Ampli untuk menara B (artinya menuju ke speaker corong menara B). Ada baiknya untuk satu power amplifier TOA ini hanya menyalurkan 4 speaker dan jangan lebih, kecuali anda mengkombinasikannya dengan metode penyambungan seri paralel.
Nanti akan saya jelaskan pada pertemuan mendatang. Oleh sebab itu tetap mengikuti perkembangan atau update terbaru selanjutnya pada situs ini.

Kembali ke menu cara setting sound system masjid yang betul.

Demikian uraian yang dapat saya sampaikan untuk anda, semoga bermanfaat.
Terimaksih atas kunjungan anda.